Yukha, Rika Maula (2023) Pola Program Penguatan Kompetensi Penguasaan Kitab Kuning di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (299kB) |
|
Text
03. Daftar isi.pdf Download (579kB) |
|
Text
04. Bab 1.pdf Download (406kB) |
|
Text
05. Bab 2.pdf Download (988kB) |
|
Text
06. Bab 3.pdf Download (312kB) |
|
Text
07. Bab 4.pdf Download (658kB) |
|
Text
08. Bab 5.pdf Download (256kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (319kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang diadakannya program penguatan kompetensi penguasaan kitab kuning di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati, 2) Tahap pelaksanaan program penguatan kompetensi penguasaan kitab kuning di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati, 3) Pola program penguatan penguasaan kitab kuning di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, pengampu kitab dan peserta didik kelas XII MA Silahul Ulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan yang dilakukan adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan member check. Kemudian dalam analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, latar belakang diadakan program penguatan kompetensi penguasaan kitab kuning adalah madrasah yang mendapatkan amanah dari para masyayikh terdahulu untuk selalu menerapkan kitab kuning dan menjadi salah satu keunggulan yang ada dimadrasah, bukan sekedar mengikuti sekolah-sekolah lainnya dengan tujuan meningkatkan wawasan peserta didik tentang ilmu keislaman yang bersumber pada kitab kuning. Kedua, tahap pelaksanaan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan mulai dari menentukan waktu munaqosah kitab, penetapan waktu bimbingan kitab, penetapan pengampu kitab, penjadwalan bimbingan kitab, jadwal penguji munaqosah kitab, dan pelaksanaan munaqosah kitab. Adapun tahap Pelaksanaan program penguatan kompetensi penguasaan kitab yaitu pengampu mengawali penguasaan dengan membacakan tawassul yang ditujukan kepada pengarang kitab Fathul Qarib lalu membacakan surat Al-Fatihah. Selanjutnya, pengampu menjelaskan materi dan memberikan makna pada setiap kalimat dengan siswa menyimak memberikan syakkal serta makna pegon pada kitabnya tersebut, setelah siswa memberikan makna pegon maka langkah selanjutnya siswa melakukan sorogan kitab secara bergantian yang disimak oleh pengampu dan teman lainnya yang tidak melakukan sorogan. Setelah siswa melakukan sorogan kitab, dalam penguatan kompetensi penguasaan disini pengampu juga menjelaskan kajian Nahwu Shorof pada setiap kalimat yang terdapat pada kitab. pengampu pengakhiri penguasaan dengan mengucapkan hamdallah diakhiri siswa mengumpulkan jurnal bimbingan penguasaan kitab untuk ditanda tangani oleh pengampu. Tahap evaluasi penguatan kompetensi penguasaan kitab yaitu dilakukan setiap tatap muka dengan menggunakan metode sorogan kitab, tidak hanya evaluasi sorogan kitab tetapi juga terdapat evaluasi munaqosah kitab yang wajib dilaksanakan semua kelas XII sebagai syarat ujian kelulusan. Ketiga, pola program penguatan kompetensi penguasaan kitab terdiri atas tujuan program kompetensi penguasaan kitab kuning, bahan dan materi penguasaan kitab, metode model program penguasaan kitab, sarana prasarana program penguasaan kitab, dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Kompetensi, Kitab Kuning | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:30 | ||||||
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:30 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12061 |
Actions (login required)
View Item |