Peran Pesantren dalam Upaya Pemenuhan Hak dalam Bidang Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus

Mukti, Akbar Prawira (2023) Peran Pesantren dalam Upaya Pemenuhan Hak dalam Bidang Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

Peran Pesantren Dalam Upaya Pemenuhan Hak Dalam Bidang Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus, bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang dilakukan lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus yang berbasis pesantren dalam menghadapi tantangan dan permasalahan berkaitan dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan mengenai pemenuhan kebutuhan anak berkebutuhan khusus dalam bidang pendidikan yang meliputi strategi perencanaan dan pembiayaan, prosess pembelajaran, dan dampak pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara dengan humas dan kepala sekolah SDLB Sunan Kudus serta tutor di pondok pesantren Al-Achsaniyyah Bae Kudus. Sumber data sekunder yaitu data dokumen, jurnal, buku sesuai tema, serta observasi lokasi penelitin di pondok pesantren Al-Achsaniyyah Bae Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara campuran yakni, 1). Wawancara dengan humas dan kepala sekolah SDLB Sunan Kudus, 2). Wawancara dengan tutor di pondok pesantren Al-Achsaniyyah Bae Kudus. Kemudian observasi partisipatif dengan cara dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Perencanaan dalam mendapatkan santri berkebutuhan khusus dilakukan dengan pengenalan melalui media sosial facebook, google map, youtube, web, pembicaraan dari mulut ke mulut, serta penulisan karya ilmiah oleh golongan pendidikan. Pembiayaan santri berkebutuhan khusus berasal dari uang registrasi, SPP, bantuan dinas sosial kota Kudus, dan sumbangan dari masyarakat. 2) Proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan terjadwal dengan pemakaian metode ABA dan one on one dalam pembelajaran. 3) Dampak dari pembelajaran pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren al-Achsaniyyah Kudus berupa peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sehari hari. Sehingga meningkatakan kemandirian santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan, Pesantren autis
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:58
Last Modified: 24 Sep 2024 03:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item