Implementasi Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Playdough di PAUD Asih Pendowo Tarub Tawangharjo Grobogan (Studi Analisis Neurosains)

Zakiyah, Alfina Nur (2023) Implementasi Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Playdough di PAUD Asih Pendowo Tarub Tawangharjo Grobogan (Studi Analisis Neurosains). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (851kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstract

Kreativitas anak usia dini tidak akan berkembang dengan sendirinya, melainkan harus diberikan rangsangan atau stimulus. Dalam mengembangkan kreativitas lembaga pendidikan tentunya memiliki strategi yang diterapkan untuk memberikan rangsangan sesuai dengan usia, minat dan bakat yang dimilki oleh anak didiknya. Sehingga hasil belajar anak dikatakan berhasil. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penerapan strategi pengembangan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran playdough (studi analisis neurosains) di PAUD Asih Pendowo Tarub Tawangharjo Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun responden pada penelitian ini adalah seorang anggota PKK, kepala sekolah, guru kelas dan 29 siswa PAUD Asih Pendowo sebagai objek penelitian. Setelah semua data terkumpul, data tersebut dianalisis sesuai dengan teori yang relevan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan kreativitas anak usia dini sudah menerapkan prinsip neurosains yang dilaksanakan melalui media pembelajaran playdough, hal ini dibuktikan dengan tahapan dalam proses pembelajaran di PAUD Asih Pendowo sesuai dengan tahapan pembelajaran neurosains menurut Eric Jensen yaitu pra pemaparan, persiapan, inisiasi akuisisi, elaborasi, inkubasi dan memasukan memori, verifikasi pengecekan keyakinan, dan yang terakhir adalah perayaan integrasi. Keberhasilan strategi tersebut ditujukan dengan hasil pencapaian anak yang mengalami peningkatan dari setiap indikatornya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawarti, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kreativitas, playdough, neurosains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:20
Last Modified: 26 Sep 2024 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12101

Actions (login required)

View Item View Item