Efektivitas Penggunaan Mp3 Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Panti Asuhan Syifa Kunduran Blora Tahun 2021/2022

Nisak, Khoirotun (2023) Efektivitas Penggunaan Mp3 Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Panti Asuhan Syifa Kunduran Blora Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (461kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (512kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, 1. Untuk mengetahui implementasi media MP3 dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di pondok panti asuhan Syifa Kunduran Blora, 2. Untuk mengetahui faktor pendukung menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan media MP3 di pondok panti asuhan Syifa Kunduran Blora, 3. Untuk mengetahui faktor penghambat menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan media MP3 di pondok panti asuhan Syifa Kunduran Blora, 4. Untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan media MP3 dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di pondok panti asuhan Syifa Kunduran Blora. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan kepada filsafat post positivisme yang digunakan untuk penelitian pada kondisi objek alamiah dimana penelitian ini adalah instrument utama. Penelitian deskriptif adalah penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi yang meliputi kegiatan penilaian sikap atau pendapat terhadap individu, organisasi, keadaan ataupun prosedur. Pondok Panti Asuhan Syifa dalam pelaksanaan pendidikan Tahfidz atau menghafal Al-Qur’an menggunakan metode Talqin/Tasmi, Taffahum, dan Tiqrar. Faktor pendukung yaitu, semangat santri dalam menghafal dan berusaha untuk hafal, kinerja dari Murobbi yang selalu mengawasi dan mngontrol proses menghafal santri, serta dukungan yang positif dari yayasan dalam bentuk motivasi ataupun materi. Sedangkan faktor penghambat yaitu, kondisi emosional pribadi para santri yang memang terkadang masih muncul kenakalan, malas, kondisi emosional Murobbi, serta fasilitas pondok, yang memang masih butuh tambahan guna mningkatkan Kenyamanan santri dalam menghafal. Pondok Panti Asuhan Syifa, merupakan pondok dan juga panti, yang berusaha menciptakan generasi Da’I yang mumpuni. Khususnya terkait Al-Quran yang merupakan sumber hokum pertama umat Islam. Hal ini dapat diihat dari metode yang diterapkan murobbi yaitu, dalam Penggunaan MP3 guna meningkatkan hafalan Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingrum, Novita PancaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode menghafal Al-Qur’an, Media MP3, Pondok Panti Asuhan Syifa
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:45
Last Modified: 26 Sep 2024 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12108

Actions (login required)

View Item View Item