Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati

Kurniawati, Ninik (2023) Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (148kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) menemukan dan mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya sekolah Islami dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati; 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan strategi implementasi budaya sekolah Islami dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati; 3) untuk menemukan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati; 4) untuk menemukan dan mendeskripsikan implikasi budaya sekolah Islami dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Penggalian data menggunakan teknik wawancara yang terstruktur, teknik observasi partisipasi aktif, dan teknik dokumentasi. Penggunaan teknik wawancara terstruktur agar data mudah dikelompokkan dan dianalisis serta proses interview menjadi sistematis dan lebih terarah. Subjek pada penelitian ini, yaitu Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru, Orang tua dan Peserta didik. Teknik analisis menggunakan analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verivication. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan perpanjangan masa observasi, pengamatan terus menerus, menggunakan bahan referensi dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Bentuk-bentuk budaya sekolah Islami dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati yaitu terdiri dari nilai, sikap dan pembiasaan kegiatan keagamaan. Terdapat nilai-nilai diantaranya nilai dari visi misi sekolah yaitu berhati ka’bah artinya membiasakan peserta didik mempunyai hati dan perilaku positif. Nilai dari logo sekolah yaitu nilai ketauhidan. Nilai dari slogan sekolah yaitu mengembangkan karakter. Nilai dari nasihat para pendiri sekolah yaitu nilai semangat dan keikhlasan dalam menyampaikan ilmu. Nilai dari pendidikan terpadu yaitu memadukan pendidikan umum dan nilai keagamaan serta menerapkan adab-adab Islami. Terdapat sikap yaitu berkata santun kepada setiap orang di sekolah, mengucapkan salam, menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan dan ketertiban kelas dan menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan sekolah. Terdapat pembiasaan kegiatan keagamaan yaitu ikrar dan janji pelajar, tahfidz, BTQ WAFA, adab islami makan snack dan makan siang, salat dhuha, salat dhuhur berjama’ah, salat jum’at, infak jum’at, kegiatan senam dan kebersihan, menjenguk teman yang sakit, ta’ziah, mabit dan berbagi ta’jil. 2) Strategi implementasi budaya sekolah Islami dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati yaitu dengan penegakan aturan atau tata tertib sekolah, keteladanan, arahan atau bimbingan, dorongan, kontinuitas dan mengingatkan. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati yaitu faktor pendukung meliputi: dukungan dari guru, dukungan dari orang tua kerjasama orang tua dan guru, komitmen bersama warga sekolah dan sarana prasarana sekolah. Faktor penghambat meliputi: kurangnya kesadaran peserta didik, latar belakang peserta didik yang tidak sama dan ketidaksesuaian pembiasaan di sekolah dan di rumah. 4) Implikasi budaya sekolah Islami dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDIT Salman Al-Farisi Tayu Pati yaitu peserta didik sudah terbiasa melaksanakan salat wajib, menggunakan hijab, makan dan minum sesuai dengan adab islami, muroja’ah, membantu orang tua dan menjaga kebersihan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, MualimulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah Islami, Karakter Religius, Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:14
Last Modified: 26 Sep 2024 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item