Pengembangan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia dalam Bentuk Buku Saku (Pocket Book) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

A’yun, Qurrotul (2023) Pengembangan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia dalam Bentuk Buku Saku (Pocket Book) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (643kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)

Abstract

Penelitian merupakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar berbentuk buku saku, yang disusun dengan mencantumkan seluruh aspek literasi sains kedalam setiap kegiatan di dalam buku untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik, untuk mengetahui validitas/ kelayakan terhadap pengembangan bahan ajar buku saku (pocket book), dan untuk mengetahui bagaimana hasil peningkatan literasi sains peserta didik setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar buku saku (pocket book) pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) mengikuti model pengembangan 4D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3 tahap diantaranya, tahap pendefinisian (Define), Tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop). Metode yang digunakan ialah metode pre-eksperimental dengan design penelitian One-Group Pretes-Posttest Design. Subjek penelitian ini terdiri dari 25 peserta didik kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Ilmu Al-Qur’an (SMPIQ) Al Husna Jepara. Bahan ajar yang dikembangkan memperoleh penilaian dari validator ahli media sebesar 0, 788 dengan prosentase 79% dan termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli materi sebesar 1 dengan prosentase 100% dan kategori sangat layak. Kemudian pada respon peserta didik skala kecil memperoleh hasil sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Sedangkan peningkatan literasi sains peserta didik menunjukkkan peningkatan yang signifikan dari hasil pretest dan posttest. Hasil perhitungan dengan n-gain menunjukkan hasil sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Dengan demikian, bahan ajar buku saku (pocket book) pada materi sistem pernapasan manusia cukup efektif untuk meningkatkan literasi sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Buku Saku (Pocket Book), Literasi Sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 08:02
Last Modified: 30 Sep 2024 08:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item