Internalisasi Sikap Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS untuk Peserta Didik Kelas VII di MTs. Abadiyah Kecamatan Gabus Kabupaten Pati

Kurniawati, Nisa (2023) Internalisasi Sikap Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS untuk Peserta Didik Kelas VII di MTs. Abadiyah Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (444kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) mengetahui pelaksanaan penanaman sikap peduli sosial melalui pembelajaran IPS untuk peserta didik di MTs. Abadiyah. 2) mengetahui hambatan dan solusi dalam internalisasi sikap peduli sosial melalui pembelajaran IPS untuk peserta didik di MTs. Abadiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif pada madrasah tsanawiyah Abadiyah. Subyek dari penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan peserta didik di MTs. Abadiyah. Adapun teknik dari pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, dan peserta didik MTs. Abadiyah. Sedangkan data sekunder yaitu dokumentasi terkait profil sekolah dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penguji keabsahan data yang digunakan antara lain triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Pelaksanaan penanaman sikap peduli sosial dengan mencamtumkan karakter sikap peduli sosial ini di dalam RPP, melaksanakan kegiatan rutinanan, keteladanan, dan kegiatan spontan. 2) Hambatan terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal sendiri terdapat pada diri sendiri peserta didik, sedangkan faktor eksternal yaitu dari orang tua dan lingkungan sekitar. Solusi yang diberikan guru dengan memaksimalkan peran orang tua, guru, dan masyarakat. Dengan adanya penelitian sikap peduli sosial ini diharapkan peserta didik dapat menerapkan sikap peduli sosial di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar, dan sikap peduli sosial ini juga perlu dikembangkan terus menerus, sehingga dengan seiring berkembangnya sikap peduli sosial perlu adanya kerja sama dari semua pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, sikap peduli sosial, pembiasaan, pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:15
Last Modified: 03 Oct 2024 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12199

Actions (login required)

View Item View Item