Pengembangan Media Komik Islam “Fadhilah Sholat Berjamaah” untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII H Di SMP N 2 Jekulo Kudus

Syafiqah, Khadijah Muflihatus (2023) Pengembangan Media Komik Islam “Fadhilah Sholat Berjamaah” untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII H Di SMP N 2 Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (794kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (937kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (831kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (507kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) yaitu rangkaian proses penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada guna untuk menjawab permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi kelayakan media komik Islam “Fadhilah Sholat Berjamaah”. (2) Mengidentifikasi respon guru dan siswa terhadap media komik Islam “Fadhilah Sholat Berjamaah”. (3) Menganalisa perbedaan dari karakter religius siswa sebelum dan sesudah membaca media komik Islam “Fadhilah Sholat Berjamaah”. Subjek penelitian ini adalah para validator ahli, pendidik serta siswa, dan objek penelitian ini adalah Komik Islam “Fadhilah Sholat Berjamaah” untuk Membentuk Karakter Religius Siswa. Sedangkan Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Simple Random Sampling, yakni pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa komik islam yang berisi materi Fadhilah Sholat Berjamaah. Kriteria hasil validasi yang didapat dari ahli media ialah sangat layak dengan presentase 96,7%, serta kriteria yang didapat dari ahli materi ialah sangat layak dengan presentase 79,2%. Respon yang didapat dari penilaian pendidik ialah komik termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 85% dan respon peserta didik terhadap media adalah media termasuk dalam kategori sangat menarik dengan presentase 85,88%. Karakter religius siswa kelas VIII H sebelum dan sesudah pemberian media terdapat perbedaan yang cukup signifikan, terhitung t hitung lebih besar dari t tabel, t hitung sebesar 32.5, t tabel taraf signifikan 5% sebesar 2.09, t tabel taraf signifikan 1% sebesar 2,86 sehingga t tabel 5% < t hitung > t tabel 1% maka hipotesis alternatif diterima yakni, terdapat perbedaan signifikan karakter religius siswa dengan menggunakan media komik Islam “Fadhilah Sholat Berjamaah” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII H di SMP N 2 Jekulo Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M.NurUNSPECIFIED
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Islam, Karakter Religius, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:31
Last Modified: 07 Oct 2024 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item