Anggraeni, Fifi (2023) Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (366kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (446kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (195kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (611kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam kearifan lokal di Kabupaten Demak yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran IPS di MTs Nurul Huda, mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MTs Nurul Huda, serta mengetahui respon siswa dalam pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MTs Nurul Huda. Jenis penelitian fields research dengan pendekatan kualitatif etnometodologi yang dimanfaatkan untuk menggali lebih dalam, menelaah, dan menafsirkan dari nilai-nilai budaya yang terkadung dalam kearifan lokal tersebut. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan tiga cara yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan objek Masjid Agung Demak, Grebeg Besar, dan Apitan sebagai materi tradisi kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah maupun IPS, ketiga tradisi kearifan lokal tersebut dipilih karena nilai-nilai yang terkandung di dalam materinya sangatlah baik untuk menumbuhkan serta membentuk karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari. Untuk proses implementasi pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian atau evaluasi. Pada akhirnya, respon positif ditunjukkan oleh siswa kepada penggunaan materi tradisi kearifan lokal dalam pembelajaran IPS. Siswa di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak cukup baik dalam memahami materi tradisi kearifan lokal dalam pembelajaran IPS dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para siswa di MTs Nurul Huda Medini Gajah Demak cukup aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS karena adanya penggunaan materi tradisi kearifan lokal tersebut membawa suasana pembelajaran yang cukup atraktif dalam menumbuhkan semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, Nilai Kearifan Lokal | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:59 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12254 |
Actions (login required)
View Item |