Mufidah, Siti Andriyani (2017) UPAYA PEMBINAAN GURU DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYYAH NU AL-MA’ARIF BLIMBING REJO NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 Cover.pdf Download (5MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (377kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI new.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (410kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (496kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (413kB) |
|
Text
07 Bab IV.pdf Download (506kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (389kB) |
|
Text
09 Daftar Pustaka.pdf Download (386kB) |
Abstract
Dalam rangka mensukseskan pendidikan salah satu cara adalah melakukan pembinaan. Kepala Madrasah sangat berperan dalam pelaksanaan pembinaan guru, terutama dalam rangka memanajemenkan kelas. Kepala madrasah terjun langsung dalam proses pembinaan agar dapat mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki guru dalam memanajemenkan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan Pembinaan Guru dalam Melaksanakan Manajemen Kelas di Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama Al-Ma’arif Blimbing Rejo Nalumsari Jepara. 2) Pendekatan Pembinaan Guru di Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama Al-Ma’arif Blimbing Rejo Nalumsari Jepara. 3) Metode Pembinaan Guru dalam Melaksanakan Manajemen Kelas Bagi Guru di MI NU Al-Ma’arif Blimbing Rejo Jepara. 4) Evaluasi Pembinaan Guru di Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama Al-Ma’arif Blimbing Rejo Nalumsari Jepara. 5) Siapa saja yang terlibat dalam pembinaan guru di MI NU Al-Ma’arif Blimbing Rejo Nalumsari Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan di lapangan atau penelitian lapangan (field research) adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada Kepala Madrasah dan guru, serta Dokumentasi. Keabsahan data di uji dengan cara perpanjangan pengamatan, triangulasi, member check. Anlisis data yang dilakukan menggunakan cara reduksi, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Perencanaan pembinaan guru dalam melaksanakan Manajemen kelas ada tiga tahapan yakni tahap persiapan, tahap pengamatan dan tahap akhir pengamatan. Pada tahap persiapan, kepala madrasah merencanakan waktunya. Pada tahap pengamatan, kepala madrasah mengamati proses belajar mengajar di kelas. Tahap akhir pengamatan, kepala sekolah mengadakan perjanjian dengan guru untuk mengevaluasi dari hasil observasinya. 2) Pendekatan pembinaan guru ini menggunakan pendekatan tidak langsung, maksudnya kepala madrasah hanya melihat dan mendengarkan proses belajar mengajar yang sedang belangsung, dan memecahkan masalah dari permasalahan yang dihadapi saat proses pembelajaran serta memecahkan masalah dengan cara melakukan pertemuan pribadi antara guru dan pembina. 3) Metode pembinaan yang digunakan melalui pendidikan karakter yang menggunakan metode Lesson Study yaitu sebuah kegiatan yang bertujuan untuk saling memberikan informasi antara satu dengan yang lainnya. 4) Evaluasi pembinaannya menggunakan evaluasi individual, evaluasi dilakukan pada sela-sela jam istirahat. Aspek-aspek yang menjadi evaluasi berupa aspek personal, aspek profesionalitas guru dan aspek sosial. 5) Pihak yang terlibat dalam pembinaan adalah Kepala Madrasah sebagai pembina dan Guru sebagai orang yang di bina. Masing-masing pihak memiliki kewenangannya masing-masing. Salah satu kewenangan yang dijalankan yaitu Kepala Madrasah berwenang melakukan supervisi atau pembinaan guru, sedangkan guru berwenang untuk ikut serta mensukseskan kemajuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Guru; Manajemen Kelas |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 03:57 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
View Item |