BIMBINGAN KEAGAMAAN DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MEMBANTU KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB KALIWUNGU KUDUS

Azizah, Noor (2017) BIMBINGAN KEAGAMAAN DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MEMBANTU KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB KALIWUNGU KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan Keagamaan Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Membantu Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Di SDLB Kaliwungu Kudus merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang SDLB Kaliwungu Kudus menggunakan bimbingan keagamaan dengan pendekatan behavioral untuk membantu keterampilan sosial anak tunagrahita. Serta mengetahui bagaimana implementasi bimbingan keagamaan dengan pendekatan behavioral yang digunakan oleh guru BK dalam membantu ketrampilan sosial pada anak-anak tuna grahita serta dapat mencari jalan keluar dari hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara jumlah subjek yang peneliti gunakan sebanyak 8 narasumber yang terdiri dari 5 guru pengajar dan 2 orang tua dari anak tunagrahita. Hasil penelitian ini adalah dalam membantu keterampilan sosial anak denganmenggunakan Bimbingan Keagamaan Dengan Pendekatan Behavioral. para guru disana menggunakan bimbingan keagamaan dengan pendekatan behavioral. metode tersebut digunakan agar anak tunagrahita dapat meniru apa yang telah diajarkan kepada mereka, yang notabenya anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus karena IQnya yang dibawah rata-rata anak yang normal pada umumnya. Tujuan bimbingan yang diberikan yaitu lebih ditekankan pada pembentukan keterampilan sosial dari anak tunagrahita itu bisa berjalan dengan baik yang sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat tempat tinggalnya . Metode yang digunakan oleh para guru dalam membantu keterampilan sosial anak tunagrahita adalah dengan cara memberikan contoh peneladanan, arahan serta perintah agar dapat bersosialisasi yang baik dengan memberikan contoh bagaimana bertutur kata, bersikap sehingga anak dapat lebih menguasai dan mengendalikan diri sendiri dari sifat egois

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Pendekatan Behavioral; Keterampilan Sosial; Anak Tunagrahita
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu-Ilmu Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:11
Last Modified: 06 Jun 2017 04:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item