Saadah, Nailis (2023) Implementasi Behavior Therapy Terhadap Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas Mandiri Putra Di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Al Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengntar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (350kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (498kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (597kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (392kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (557kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (479kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada implementasi Behavior Therapy pada pembelajaran agama islam pada anak berkebutuhan khusus di kelas mandiri di pondok pesantren anak berkebutuhan khusus Al Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus. Implementasi behavior therapy ini digunakan untuk mendidik dan membina santri menjadi lebih baik seperti menumbuhkan rasa percaya diri, mengajarkan kemandirian serta memiliki akhlakul karimah yang baik. Penelitian merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode, wawancara, observasi, dokumentasi. Analasis data menggunakan analisis kualitatif diskriptif. Tujuan penelitian untuk: 1) mengetahui bagaimana implementasi behavior therapy terhadap pembelajaran agama islam kelas mandiri putra terhadap anak berkebutuhan khusus dipondok pesantren anak berkebutuhan khusus Al Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus. 2) mengetahui bagaimana kendala dan solusi pelaksanaan pembelajaran agama islam kelas mandiri putra diponpes Abk Al Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus. 3) mengetahui bagaimana hasil penerapan behavior therapy terhadap pembelajaran agama islam kelas mandiri putra terhadap anak berkebutuhan khusus dipondok pesantren anak berkebutuhan khusus Al Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi behavior therapy di pondok pesantren anak berkebutuhan khusus Al Achsaniyyah ini menggunakan 2 program yaitu program one on one dan terapi diasrama yaitu meneruskan terapi yang dilakukan oleh terapis 2) kendala solusi pelaksanaan pembelajaran agama islam meliputi kendala dari santri: karakter yang berbeda, santri sulit mengendalikan emosi, kurangnya konsentrasi belajar, kendala kompetensi pendidik, perbedaan visi dan misi, kurangnya sarana prasarana, 3) adanya perubahan yang terjadi pada santri setelah adanya implementasi behavior therapy baik dari segi akademik, keagamaan, dan perilaku
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Behavior Therapy, Anak Berkebutuhan Khusus | |||||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:20 | |||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 08:20 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12282 |
Actions (login required)
View Item |