Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Jarimatika dalam Operasional Perkalian Dasar Bilangan 6 Sampai 10 Pada Siswa Kelas III MINU Miftahut Thullab Garung Kidul

Romadhona, Leyla Mazia (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Jarimatika dalam Operasional Perkalian Dasar Bilangan 6 Sampai 10 Pada Siswa Kelas III MINU Miftahut Thullab Garung Kidul. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)

Abstract

Peserta didik kelas III MI NU Miftahut Thullab rata-rata belum menguasai perkalian dasar. Hal ini disebabkan siswa kurang mampu dengan metode menghafal. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa perlunya bagi guru untuk mengadakan metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang dicoba adalah Jarimatika. Jarimatika adalah cara mengajarkan ketrampilan berhitung pada anak dengan memanfaatkan jari-jari sebagai alat bantu untuk proses berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, hasil belajar matematika, dan kelebihan serta kekurangan penerapan metode pembelajaran jaritmatika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dijalankan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Proses penerapan model pembelajaran Jarimatika dilaksanakan dengan bimbingan dari guru. Penerapan dimulai dengan ice breaking, pada tahap inti guru memberikan gambar jarimatika, diberikan contoh cara mengerjakan, siswa diberikan waktu untuk maju sekaligus mencoba mengerjakan soal, diamati cara mengerjakan dan dibahas bersama. Setelah diterapkan model pembelajaran ini kemampuan siswa dalam melakukan perkalian bilangan 6-10 meningkat dan lebih cepat. Kelebihan penerapan metode pembelajaran Jaritmatika antara lain siswa lebih mudah mengaplikasikan berhitung pekalian menggunakan jari-jari tangan, gerakan jari-jari tangan akan menarik minat siswa dan siswa melakukanya dengan geembira. Penggunaan jarimatika tidak memberatkan memori otak anak sehingga anak tidak merasa bosan saat pembelajaran matematika berlangsung. Kekurangan penerapan metode pembelajaran Jaritmatika terdapat rumus-rumus dan setiap jari memiliki nilai yang berbeda sehingga anak harus mengingat setiap nilai pada jari. Tidak semua perkalian dapat diselesaikan menggunakan metode jarimatika, memerlukan kesabaran yang lebih dalam penggunaam metode jarimtika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Jaritmatika, Operasi Perkalian dasar
Subjects: Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:02
Last Modified: 10 Oct 2024 04:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12326

Actions (login required)

View Item View Item