Firdaus, Ade Fickry Alvian (2023) Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video Animasi Sparkol Videoscribe di SDN Jambean 03. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (464kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (362kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (747kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (902kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (522kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (511kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (559kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran yang selalu sama dan monoton. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui (1) Media pembelajaran berbasis video animasi Sparkol Videoscribe pada pembelajaran PAI di SDN Jambean 03; (2) Penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi Sparkol Videoscribe pada pembelajaran PAI di SDN Jambean 03; (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran berbasis animasi Sparkol Videoscribe pada pembelajaran PAI di SDN Jambean 03. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan 2 peserta didik kelas VI. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi Sparkol Videoscribe dengan didukung media yang ada di sekolah berupa LCD proyektor dan pengeras suara pada materi ‘senangnya berakhlak terpuji’ di kelas VI untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, mendapat respon peserta didik, dan menambah wawasan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis video animasi. Pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis video animasi Sparkol Videoscribe memiliki faktor pendukung yaitu tersedianya fasilitas yang memadai dari pihak sekolah, antusiasme peserta didik yang sangat tinggi sehingga peserta didik bersemangat untuk mengikuti pelaksanaan pembelajaran, guru juga menjadi faktor pendukung dengan adanya upaya yang dilakukan untuk membantu terlaksananya penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi. Faktor penghambatnya yaitu adanya batasan spesifikasi laptop yang digunakan untuk membuat video animasi, tidak semua guru bisa mengakses aplikasi pembuatan video animasi sehingga akan sulit untuk pembuatan video animasi untuk bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Animasi Sparkol Videoscribe | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2024 03:11 | ||||||
Last Modified: | 18 Oct 2024 03:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12369 |
Actions (login required)
View Item |