Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Upaya Menumbuhkan Nilai Pendidikan Agama Di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati

Zulfia, Nadia Efeyani (2023) Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Upaya Menumbuhkan Nilai Pendidikan Agama Di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover.pdf

Download (984kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memberikan deskripsi mendalam tentang implementasi pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam upaya menumbuhkan nilai pendidikan agama di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. (2) untuk mendapatkan gambaran faktor pendukung dan penghambat dalam upaya menumbuhkan nilai pendidikan agama di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati (3) untuk memberikan deskripsi secara mendalam tentang hasil dari upaya menumbuhkan nilai pendidikan agama di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik, koordinator kegiatan shalat dhuha, dan kepala madrasah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan shalat dhuha berjamaah di MTs Tarbiyatul Banin berlangsung setiap hari pada saat jam ke 0 atau sebelum jam pelajaran pertama dimulai, lebih tepatnya sekitar pukul 7 WIB secara berjama’ah di masjid. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas VII sampai IX. Kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang baik dari berbagai pihak meliputi guru dan peserta didik. (2) Faktor pendukungnya antara lain waktu pelaksanaan shalat dhuha yang masih pagi, keteladanan guru, sarana dan prasarana, lingkungan madrasah yang mendukung kegiatan shalat dhuha berjamaah. Faktor yang menghambat kegiatan antara lain kurangnya kesadaran diri peserta didik dan kehadiran guru untuk ikut serta melaksanakan kegiatan shalat dhuha berjamaah (3) Hasil yang dicapai dari pembiasaan shalat dhuha berjamaah ialah nilai pendidikan agama yang terbentuk pada peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha di madrasah ini, yaitu pertama, keimanan, ketaqwaan. Peserta didik menjadi terbiasa melaksanakan ajaran agama yaitu shalat dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT. Kedua, akhlakul karimah. Peserta didik menjadi lebih mudah berkembang menjadi individu yang berkarakter dan berakhlak baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaludin, Didi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Shalat Dhuha Berjamaah, Nilai Pendidikan Agama
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:20
Last Modified: 22 Oct 2024 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item