Permatasari, Dewi (2023) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Membentuk Karakter Percaya Diri dan Disiplin Siswa di MI Muhammadiyah 01 Todanan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (12MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (374kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (471kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (390kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (741kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (344kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter percaya diri dan disiplin siswa di MI Muhammadiyah 01 Todanan Blora. (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter percaya diri dan disiplin siswa di MI Muhammadiyah 01 Todanan Blora. Tari ini secara filosofis menggambarkan keindahan, kedamaian dan estetik pulau Bali. Selain itu ekstrakurikuler seni tari mempunyai dampak positif seperti mengasah percaya diri dan kedisiplinan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah guru madrasah, instruktur tari, dan siswa. Adapun sumber primer didapat dari observasi non partisipan di MI Muhammadiyah 01 Todanan Blora dan wawancara terstruktur kepada guru madrasah, instruktur tari, dan siswa. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen ekstrakurikuler tari dan sejarah sekolah. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter percaya diri dan disiplin siswa yaitu: A. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Seni Tari terdiri dari: 1) perencanaan. 2) pelaksanaan, yang terdiri dari tari terdapat 5 tahapan yaitu menjelaskan tujuan olah tubuh dan materi, melakukan gerak olah tubuh, masuk ke tahap materi, membagi siswa ke beberapa kelompok, dan evaluasi. B. Karakter yang terkandung dalam Ekstrakurikuler Tari yaitu: karakter percaya diri dan karakter disiplin. 2. Faktor penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter percaya diri dan disiplin siswa yaitu: A. tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda dan kesiapan siswa. Adapun faktor pendukungnya yakni: dukungan dari stakeholder madrasah, pihak stakeholder MI memberikan dukugan penuh terhadap semua kegiatan ekstrakurikuler tari. Instruktur tari yang kompeten, dan fasilitas berupa kostum serta peralatan yang mendukung ekstrakurikuler tari tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, Seni Tari, Karakter Percaya Diri, Karakter Disiplin | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kegiatan Ekstrakulikuler |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2024 08:18 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 08:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12449 |
Actions (login required)
View Item |