Pengaruh Penggunaan Media Game Bridge Builder terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kelas X di SMK N 1 Kunduran

Azizah, Nur (2024) Pengaruh Penggunaan Media Game Bridge Builder terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kelas X di SMK N 1 Kunduran. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (596kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (65kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (304kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)

Abstract

Motivasi belajar IPA di SMK N 1 Kunduran didapatkan kurang maksimal, sebagian dari siswa ada yang masih belum mencapai nilai standar ketuntasan. Karena proses pembelajaran yang monoton dan guru masih menggunakan buku sebagai bahan ajar sehingga mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa setelah penggunaan media game bridge builder pada materi kesetimbangan kelas X di SMK N 1 Kunduran. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game bridge builder terhadap motivasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kelas X di SMK N 1 Kunduran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakn pre-exsperiment. Sedangkan jenis penelitian menggunakan korelasi sebab akibat atau penelitian pengaruh. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Sampel Penelitian di SMK N 1 Kunduran ini berjumlah 68 yakni kelas TPM 1 dan TPM 2. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis menggunakan data secara kuantitatif meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji koefisien determinasi, uji regresi analisis sederhana, uji signifikansi F, uji signifikansi uji t. Sedangkan pengelolahan datanya menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil analisa data peneliti menggunakan rumus SPSS. Berdasarkan hasil data yang di peroleh Nilai t hitung sebesar 2,250 dan tabel sebesar 2,750 dengan signifikan 0,031 yang di artikan bahwa t hitung < t tabel dan 0,031 < 0,05. Maka Ha diterima sedangkan H0 di tolak Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media game bridge builder terhadap motivasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kelas X di SMK N 1 Kunduran. Sedangkan Nilai koefisien determinasi yang dihasilkan dari perhitungan sebesar 0,262. Hal ini menunjukkan adanya variabel media game bridge builder dapat berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa sebesar 26,2%. nilai Asymp. Sig (2- tailed) di atas sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa uji normalitas kolmogrof-smirnov berdistribusi normal. Untuk hasil uji homogenitas menunjukkan nilai 0,064 sehingga dapat disimpulkan homogen karena nilai signifikan 0,05. Sedangkan uji linieritas nilai sig deviation og linierity 0,110. Sehingga menunjukan hasil bahwa terdapat hubungan linier antara media game bridge builder dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrasetyo, Dody RahayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Bridge Builder, Motivasi Belajar, Kesetimbangan
Subjects: Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:09
Last Modified: 18 Nov 2024 04:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item