Paradigma Program Integrasi Bagi Mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati

Sofiana, Farida (2023) Paradigma Program Integrasi Bagi Mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (665kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (889kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang lebih memusatkan perhatian pada topik bahasan utama yang akan dikaji dan dipelajari menggunakan penelitian lapangan. Yang mana peneliti terjun secara langsung dalam mencari dan mendapatkan data secara aktual, yaitu mengenai paradigma tentang program integrasi bagi mahasiswa IPMAFA Pati. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) tujuan tercetuskannya paradigma program integrasi bagi mahasiswa IPMAFA Pati, (2) implementasi paradigma program integrasi bagi mahasiswa IPMAFA Pati. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan – persoalan suatu fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi dan atau perbandingan berbagai variabel, artinya variabel yang diteliti bisa tunggal, suatu variabel bisa juga lebih dari satu variabel. Penelitian deskriptif berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa atau kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah Wakil Rektor bidang akademik dan dosen program integrasi yang ada di IPMAFA Pati dan untuk obyek penelitian ini adalah paradigma program integrasi bagi mahasiswa IPMAFA Pati. Pengumpulan data didapatkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun semua data yang diperoleh dianalisis secara interaktif dan terus menerus, analisisnya meliputi kegiatan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Setelah data diperoleh dan data sudah dianalisis ditemukanlah hasil penleitian yang menunjukkan bahwa (1) Tujuan dicetuskannya paradigma program integrasi bagi mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati adalah untuk memberikan pembekalan nilai-nilai pesantren bagi seluruh mahasiswa yang memiliki latar belakang pendidikan yang beragam dengan memberikan kompetensi dasar tentang akidah, ibadah, dan akhlak secara lebih mendalam serta sesuai dengan yang didasarkan pada nilai dasar shalih akhram. (2) Program integrasi di Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati meliputi mata kuliah bimbingan Al Qur’an, bimbingan akhlak, bimbingan ibadah, Nilai Dasar Sholih Akhram (NDSA), dan program bahasa yang meliputi bahasa Arab dan bahasa Inggris. Program integrasi sebagai penunjang visi lembaga untuk menanamkan nilai-nilai pesantren agar menjadi pribadi yang shalih akhram dengan memberikan bekal mahasiswa atas kemampuan dasar pendidikan agama Islam secara mendalam sebagaimana standar yang ditentukan oleh kampus.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorTaufikin, TaufikinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Paradigma, Program Integrasi
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:04
Last Modified: 20 Nov 2024 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12645

Actions (login required)

View Item View Item