Khabib, Muhammad Nur (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Kabar (Aplikasi Aljabar) Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator 3 Materi Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (493kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (594kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (658kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (602kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (190kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
Abstract
Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan dan diwajibkan dalam kurikulum pendidikan, seperti yang diatur oleh Permendiknas nomor 22 tahun 2006. Meski demikian, matematika masih menjadi momok di kalangan siswa karena hanya berfokus pada angka, rumus, dan operasi hitung. Selama proses pembelajaran, model pengajaran masih monoton dan kurangnya pemanfaatan media membuat siswa kehilangan minat dan cepat bosan. Sebagai pendidik, kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan minat dan keberhasilan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK. Salah satu opsi yang dapat diambil adalah pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan berbantuam Software Smart Apps Creator 3. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui setiap langkah dalam pengembangan Media Pembelajaran Kabar (Aplikasi Aljabar) Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator 3 serta mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari media pembelajaran kabar (aplikasi aljabar), sehingga media pembelajaran tersebut bisa digunakan dalam praktik pembelajaran matematika pada materi aljabar kelas VII semester gasal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah, meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Instrumen pengumpulan data penelitian pengembangan ini meiputi lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan lembar penilaian respon pengguna. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh skor V rata-rata 0,88, termasuk kategori tinggi atau dapat dikatakan materi pada media pembelajaran sangat valid. Hasil penilaian dari ahli media memperoleh skor V rata-rata 0,85 termasuk kategori tinggi atau dapat dikatakan media pembelajaran sangat valid. Untuk uji coba produk, subjek penelitian pengembangan ini merupakan siswa siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Ulum Gelang yang berjumlah 21 peserta didik. Hasil perolehan nilai dari uji coba peserta didik yaitu memperoleh skor rata-rata 84,57 sehingga media pembelajaran juga termasuk kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “kabar” sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Smart Apps Creator 3, Aljabar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:39 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2024 07:39 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12656 |
Actions (login required)
View Item |