Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku Bulliying Verbal Abuse di SMK NU Ma’arif 2 Kudus

Ariani, Diah Dwi (2023) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku Bulliying Verbal Abuse di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (322kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (298kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (394kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bentuk-bentuk kekerasan perilaku bulliying verbal abuse di SMK NU Ma’arif 2 Kudu, dampak dalam mengatasi perilaku bullying verbal abuse di SMK NU Ma’arif 2 Kudus, dan peran Guru BK dalam mengatasi perilaku bullying verbal abuse di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada kepala madrasah, Guru BK dan peserta didik pada salah satu SMK NU Ma'arif 2 Kudus. Adapun sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi observasi dan wawancara kepada kepala madrasah, guru BK dan peserta didik. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah pertama Bentuk-bentuk perilaku bullying siswa pada salah satu SMK NU Ma’arif 2 Kudus yaitu pertama, Memanggil dengan Nama orang tua. Kedua, bulliying verbal abuse ini dilakukan siswa dengan kurang dan faktor ekonomi. Ketiga bentuk bentuk bulliying verbal abuse yaitu mengejek. terdapat siswa yang mengejek temannya dikarenakan boody shaming atau memandang fisik dari siswa lainya, kedua Dampak perilaku bullying verbal abuse di SMK NU Ma’arif 2 Kudus, bagi korban bulliying yaitu anak menjadi tidak peka, merasa sendirian dan semangat belajar menurun sedangkan dampak bagi pelaku yaitu akademicnya menurun, kurangnya rasa empati, kesulitan dalam menjalin hubungan. Ketiga Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku bulliying verbal abuse di SMK Nu Ma’arif 2 Kudus, (a) guru memiliki peran yang sangat penting, yakni guru BK sebagai informatory, Informator yang dilakukan guru BK sebagaimana memberikan layanan bimbingan kasikal, bimbingan kelompok, dan layanan bimbingan individu. (b) Guru BK sebagai fasilitator yang memfasilitasi, diantaranya ruangan konseling, yang selalu digunakan siswa yang memerlukan penangan khusus/ konsultasi masalah yang dialaminya. (c) Guru BK sebagai mediator atau penengah untuk membantu (memisahkan) siswa yang melakukan bulliying verbal abuse dikelas kepada temannya. (d) Guru BK sebagai motivator untuk memotivasi siswa agar lebih semangat dan tidak melakukan tindakan kekerasan bulliying verbal abuse kepada temannya, dan tentunya guru BK juga memberikan layanan layanan yang tentunya sangat membantu untuk mencegah terjadinya bulliying verbal abuse selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Bullying, Verbal Abuse
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Nov 2024 08:23
Last Modified: 21 Nov 2024 08:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item