Peran Pembimbing Untuk Memotivasi Anak Dalam Program Tahfidz Di Pondok Pesantren Alfattah Raudhatul Qur’an Jekulo Kudus

Hana, Muhammad Yusril (2023) Peran Pembimbing Untuk Memotivasi Anak Dalam Program Tahfidz Di Pondok Pesantren Alfattah Raudhatul Qur’an Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
3, DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari pembimbing untuk memotivasi anak dalam program tahfidz di Pondok Pesantren Alfattah Raudhatul Qur’an. Serta untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat santri dalam peran pembimbing untuk memotivasi anak dalam program tahfidz di Pondok Pesantren Alfattah Raudhatul Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatam kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh ialah melalui penelitian lapangan (field research), sementara untuk pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Terkait sumber data peneliti difokuskan pada pembimbing tahfidz dan santri di Pondok Pesantren Alfattah Raudhatul Qur’an. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran pembimbing untuk memotivasi anak dalam program tahfidz di Pondok Pesantren Alfattah Raudhatul Qur’an memiliki empat faktor yakni, pembimbing sebagai pengajar dan tauladan, dengan membina akhlak para santri, pembimbing sebagai konselor membantu dan memberikan arahan ketika santri memiliki masalah, pembimbing sebagai motivator bagi santri ketika santri merasa malas menghafal Al-Qur’an, selain itu, pembimbing sebagai evaluator menilai dan mengevaluasi hasil dari pembelajaran dari santri. Sedangkan ada lima indikator yang mempengaruhi motivasi anak dalam program tahfidz di Pondok Pesantren Alfattah Raudhatul Qur’an. Yang pertama keinginan santri untuk berhasil dalam menghafal Al-Qur’an, dorongan dan kebutuhan yang bisa datang dari dalam diri maupun dari luar santri, adanya harapan dan cita-cita yang diemban santri agar tercapai impiannya menjadi tahfidz Qur’an, apresiasi belajar santri yang bisa berupa perkataan verbal maupun memberi hadiah, serta lingkungan yang kondusif seperti sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor pendorong pembimbing untuk memotivasi anak dalam program tahfidz adalah sebagai pengajar, konselor motivator, dan evaluator. Sedangkan faktor penghambat peran pembimbing untuk memotivasi anak dalam program tahfidz bisa dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internalnya adalah rasa malas dan mengantuk yang menjadi penyebab terganggunya santri dalam menghafal sedangkan faktor eksernal santri merasa tidak betah, tidak kerasan maupun susah beradaptasi dengan kondisi lingkungan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyidi, FajarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Pembimbing, Motivasi, Tahfidz
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:39
Last Modified: 22 Nov 2024 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item