Putri, Dianita Saliha (2023) Pengembangan Modul Ajar Materi Perkembangbiakan Nanas Berorientasi Bioentrepreneurship untuk Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (371kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (547kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (618kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (569kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (340kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Berdasarkan butir-butir kebijakan nasional dalam bidang pendidikan yang terdapat dalam dokumen RPJMN 2010-2014 serta amanah UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, yang mendukung pentingnya menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada peserta didik melalui pembelajaran/pendidikan. Selain itu, berdasarkan wawancara dan observasi di MTs NU Al Hidayah ditemukan bahwasanya bahan ajar IPA berupa buku paket dan modul/LKS yang digunakan belum ada yang terintegrasi kewirausahaan. Di kota Kudus ternyata terdapat kebun nanas produktif yang sudah bercocok tanam sejak tahun 2020 tepatnya berada di desa pedawang, tetapi keberadaanya kurang dikenal masyarakat sehingga potensi peluang dari kebun tersebut belum disadari dan dimanfaatkan secara optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menangani permasalahan diatas adalah melalui pendidikan/pendayagunaan bahan ajar berupa modul IPA berorientasi bioentrepreneurship. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui validitas modul ajar perkembangbiakan nanas berorientasi Bioentrepreneurship. 2) Untuk mengetahui uji praktikalitas modul ajar perkembangbiakan nanas berorientasi Bioentrepreneurship sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan PPE, langkah-langkah yang ditempuh yaitu meliputi (a) Planning (Perencanaan), (b) Production (Produksi), dan (c) Evaluation (Evaluasi). Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi, penilaian pendidik/guru serta respon siswa kelas IX MTs/SMP sebagai subjek uji. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul ajar perkembangbiakan nanas berorientasi bioentrepreneurship dinyatakan layak digunakan dengan tingkat kelayakan dari validator ahli media sebesar 93,2% dan ahli materi sebesar 91,5% (2)pada uji praktikalitas penilaian guru IPA sebesar 98,5%, dan respon dari 31 siswa memiliki rata-rata 84,33%. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar perkembangbiakan nanas berorientasi bioentrepreneurship layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar; perkembangbiakan nanas; bioentrepreneurship. | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 07:58 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 07:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12726 |
Actions (login required)
View Item |