Nova, Alvita Dhea (2023) Implementasi Dakwah dalam Pembentukan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Pondok Pesantren Autis Al Achsaniyah Pedawang Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (650kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (768kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (187kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (846kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
Abstract
Manusia memiliki kewajiban untuk senantiasa mencari ilmu dan mengkajinya agar dalam hidupnya manusia dapat menjalankan hidup dengan sebaiak-baiknya. Termasuk ilmu yang penting untuk dipahami oleh orang tua dan pendidik anak usia dini adalah mempelajari ilmu tentang anak berkebutuhan khusus (ABK). Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang tumbuh dan berkembang dengan memiliki segenap perbedaan dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Penelitian dengan judul “Implementasi Dakwah dalam Pembentukan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Pondok Pesantren Autis Al Achsaniyah Pedawang Kudus” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dakwah dalam pembentukan karakter Anak Berkebutuhan Khusus dan karakter apa saja yang terbentuk melalui implementasi dakwah untuk anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Autis Al Achsaniyah Pedawang Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/Verification). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala yayasan, pengasuh, ustadz/ustadzah dan santri berkebutuhan khusus. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu Implementasi dakwah dalam pembentukan karakter anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Al Achsaniyah Pedawang Kudus di lakukan dengan menggunakan metode dakwah bil hal melalui metode belajar One by One meliputi Tim SDLB (kelompok pra mandiri), Kelas Asrama/Tutor (mandiri). Dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai akan membentuk karakter anak berkebutuhan khusus di pondok pesantren Al Achsaniyah Pedawang Kudus. Karakter yang terbentuk dalam proses bimbingan belajar di Pondok Pesantren Al Achsaniyah Pedawang Kudus yaitu Bersahabat/Komunikatif, Mandiri, Religius dan Disiplin
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Berkebutuhan Khusus, Metode Dakwah, Karakter | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Khusus |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:29 | ||||||
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:29 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12733 |
Actions (login required)
View Item |