Ramadhan, Ahmad Dhani (2023) Dampak Penggunaan Media Sosial TikTok Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Remaja Di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (497kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (711kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (293kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (689kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (196kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Dampak Penggunaan Media Sosial TikTok Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Remaja Di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, yaitu antara lain: (1). Mendeskripsikan bagaimana bentuk perilaku keagamaan remaja di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus (2). Mendeskripsikan dampak penggunaan media sosial TikTok dalam membentuk perilaku keagamaan remaja di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus (3). Mendeskripsikan apa saja faktor yang berpengaruh dalam membentuk perilaku keagamaan remaja dalam penggunaan media sosial TikTok. Penelitian ini merupakan masuk ke dalam kategori atau jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yang informannya diambil melalui teknik snowball sampling. Adapun untuk pengambilan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk jumlah informannya sendiri berjumlah 12 orang yaitu: 5 remaja Desa Medini, 5 orang tua, 1 Kepala Desa Medini dan 1 tokoh masyarakat Desa Medini. Selanjutnya akan dianalisis menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk perilaku keagamaan remaja di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus sangatlah beragam, ada beberapa yang rajin beribadah serta ada juga yang malas beribadah, walaupun masuk ke dalam kategori malas ternyata para remaja di Desa Medini Undaan Kudus ini masih mau untuk melaksanakan ibadah seperti shalat, mengaji dan puasa. Tetapi apabila mereka sudah sibuk menggunakan media sosial TikTok terkadang mereka lebih suka menunda-nunda dan lebih memilih bermain atau berkumpul bersama teman-temannya untuk sekedar membuat video TikTok secara bersama-sama. Kedua, Penggunaan media sosial TikTok berdampak dalam membentuk perilaku keagamaan remaja di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Diantaranya dampak positif yaitu dapat menambah wawasan ilmu keagamaan, banyak terdapat video motivasi, serta dapat mengembangkan kemampuan dan mengasah kreativitas anak remaja dan yang lainnya, sedangkan untuk dampak negatifnya yaitu menunda-nunda shalat 5 waktu, berangkat mengaji sering terlambat, puasa juga ada beberapa remaja yang sering bolong atau batal, serta komunikasi sehari-hari sama kedua orang tua menjadi semakin berkurang dan yang lainnya. Ketiga, Faktor yang berpengaruh dalam membentuk perilaku keagamaan remaja dalam penggunaan media sosial TikTok ada 2 yaitu, faktor lingkungan dan faktor keluarga. Faktor lingkungan seperti tetangga dan teman semuanya mempunyai aplikasi TikTok di handphone, sedangkan untuk faktor keluarga seperti orang tua dan saudara kandung, baik kakak maupun adik semuanya juga sama yaitu mempunyai aplikasi TikTok. Sehingga dari hal ini akhirnya para anak-anak remaja menjadi sangat tertarik untuk mengikuti atau mencontohnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial TikTok, Dampak TikTok, Perilaku Keagamaan | ||||||
Subjects: | Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > Metode Komputer Khusus > 006.754 Situs Jejaring Sosial, Sosial Media | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 08:53 | ||||||
Last Modified: | 26 Nov 2024 08:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12748 |
Actions (login required)
View Item |