Rizqi, Fitria Noor Lailatur (2023) Sinergitas Tripusat Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTs At Tadzkir Kaliaren. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (987kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (534kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (320kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (673kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (674kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (591kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (614kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (301kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tjuan Pertama untuk menganalisis penerapan sinergitas tripusat pendidikan dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs At Tadzkir Kaliaren. Kedua untuk menganalisis bentuk sinergitas tripusat pendidikan dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs At Tadzkir Kaliaren. Ketiga model sinergitas tripusat pendidikan dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs At Tadzkir Kaliaren.Keempat alasan sinergitas tripusat pendidikan dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs At Tadzkir Kaliaren. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualititif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek dari penelitian ini adalah Pengasuh, Kepala Sekolah, Guru, Perwakilan orangtua peserta didik, Perwakilan peserta didik, dan Masyarakat MTs At Tadzkir Kaliaren. Adapun teknik pemerolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data menggunakan beberapa cara yakni meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs At Tadzkir Kaliaren telah menerapkan sinergitas tripusat pendidikan dalam meningkatkan karakter religius peserta didik. Penerapan ini dilatarbelakangi dengan kebutuhan dimasa sekarang dan yang akan datang karena penurunan degradasi moral. Adapun bentuk dari sinergitas yang dilakukan antara lain pelimpahan berbagai tanggungjawab yang didokumenkan secara fisik, pertemuan setiap satu bulan sekali untuk melaporkan, mengevaluasi, serta mencari solusi terbaik terhadap permasalahan jika ada dan diperlukan, ikhtiar batin dengan berdzikir bersama yang dikhususkan kepada peserta didik agar terbentuk karakter religius yang baik dengan membangun ruh rasa, saling bersepakat (lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat) untuk mengawasi, memantau, menasehati, memberi contoh yang baik kepada peserta didik. Model sinergitas tripusat pendidikan dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs At Tadzkir Kaliaren ini menggunakan model segala arah dan sistem among
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Sinergitas, Tripusat Pendidikan, Karakter Religius | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:59 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12800 |
Actions (login required)
View Item |