Ummamah, Khoiriyatul (2023) Nilai Pendidikan Karakter Religius Menurut Imam Al Ghozali Dalam Kitab Ayyuha Al Walad Dan Relevansinya Dengan Materi Aqidah Akhlak Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (385kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (795kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (985kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (589kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (479kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut,baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Nilai-nilai karakter yang perlu ditanamkan dan diberi penguatan pada peserta didik.Oleh karena itu salah satu kitab yang membahas tentangNilai-nilai pendidikan karakterkitab Ayyuha Al Walad menurut Al Ghazali.Pada penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al Walad.2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al Waladdengan materi aqidah akhlak pada jenjang kelas III madrasah ibtidaiyah.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research).Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dengan membaca dan memahami buku terkait judul yaitu kitab Ayyuha Al Walad karya Imam Al Ghazali.Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuha Al Walad menurut Al Ghazali dalam kitab Ayyuha Al Walad adalah terdiri dari nilai-nilai pendidikankarakter yang terdiri dari enam nilai yaitu: religius, tanggung jawab, toleransi, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al Waladdengan materi aqidah akhlak pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah adalah bahwa 6 nilai karakter dalam kitab Ayyuha Al-Walad Religius relevan dengan materi Bab IV Akhlak terpuji (Taat kepada Allah swt, taat kepada rosul, Bab V Kisah Nabi Ismail AS, meneladani perilaku Nabi Ismail AS (kelas III), Bab VI Asmaul Husan, Bab VIII Akhlak terpuji (Mengingat dan berdo’a kepada Allah).Toleransi relevan dengan materi Bab IX Adab terhadap tetangga dan lingkungan, (adab terhadap tetangga dan lingkungan). Kerja keras relevan dengan Bab VIII Akhlak terpuji (pantang menyerah), Bab VIII Akhlak terpuji (pantang menyerah), Bab I Syukur Nikmat ). Kreatif relevan dengan Bab VIII Akhlak terpuji (pemberani), Bab VIII Akhlak terpuji (menghormati guru), Bab VIII Akhlak terpuji (mengamalkan ilmu). Rasa ingin tahu relevan dengan materi Bab I Syukur Nikmat (Cara mensyukuri ni’mat ruhani/rajin belajar). Tanggung jawab relevan dengan Bab VIII Akhlak terpuji (tanggung jawab)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai pendidikan karakter, kitab Ayyuha Al Walad | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2024 03:34 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2024 03:34 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12827 |
Actions (login required)
View Item |