Pengembangan Media PAPINKA Dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak di RA Roudlotusysyubban Winong Pati

Rahma, Tsalisatur (2023) Pengembangan Media PAPINKA Dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak di RA Roudlotusysyubban Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (704kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (643kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat penemuan masalah dari hasil analisis awal dan analisis kebutuhan yaitu berupa materi pembelajaran dalam konsep mengenal lambang bilangan yang kompleks, sehingga anak membutuhkan media pembelajaran untuk mempermudah memahami materi tersebut. Terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang mengakibatkan pembelajaran terpusat pada Lembar Kerja Anak (LKA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran yang inovatif berupa media Papan Pintar Angka (PAPINKA). Selanjutnya untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan di RA Roudlotusysyubban. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan menggunakan Prosedur dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada pedoman penelitian dan pengembangan menurut Brog & Gall dalam sugiyono model ini terdiri dari 10 langkah peneleitian pengembangan, yakni: 1) Potensi dan Masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) perbaikan produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) pembuatan produk masal (diseminasi). Langkah-langkah yang akan digunakan dalam penelitian pengembangan ini hanya 9 tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Papinka layak digunakan. Pengembangan Media PAPINKA dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak di RA Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Bahwa sebelum di berikan tindakan melalui media Papinka kemampuan anak kelompok A di RA Roudlotusysyubban dalam mengenal lambang bilangan terbilang masih rendah, ini dibuktikan dengan hasil pre-test anak pada indikator berhitung masih belum berkembang dengan baik. Namun setelah diberikan media papan pintar angka (Papinka) terlihat anak merespon pembelajaran media Papinka dengan sangat baik, anak dapat lebih memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru, dan anak berinteraksi dengan baik dengan rekannya, sehingga perlu adanya media pembelajaran papan pintar angka (Papinka) yang dapat digunakan dalam membantu anak kelompok A RA Roudlotusysyubban dalam mengenal lambang bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDzofir, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media PAPINKA, Mengenal Lambang Bilangan, Anak Usia Dini
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Dec 2024 03:42
Last Modified: 06 Dec 2024 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12829

Actions (login required)

View Item View Item