Fitriani, Sofia (2023) Pola Komunikasi Guru Dan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Pada Pekerjaan Rumah (PR) Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mi Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (933kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (371kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (497kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (723kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (392kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (566kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (186kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola komunikasi antara guru dan orangtua siswa dalam pendampingan belajar pada pekerjaan rumah (PR) mata pelajaran Bahasa Arab di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas oleh peneliti pada penelitian ini yaitu. Bagaimana Pola Komunikasi guru dan orangtua dalam pendampingan belajar siswa pada pekerjaan rumah (PR) mata pelajaran Bahasa Arab di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati?Apa saja kendala Komunikasi guru dan orangtua dalam pendampingan belajar siswa pada pekerjaan rumah PR) mata pelajaran Bahasa Arab di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau bisa disebut juga field search, dimana pada penelitian ini penelit menjadi instrument utama dan langsung kelokasi untuk melakukan observasi. Dengan begitu peneliti dapat melihat secara langsung bagaimana proses atau pola komunikasi antara guru dan orangtua siswa dalam pendampingan belajar siswa pada pekerjaan rumah. Peneliti mengungkap hal-hal tersebut secara fakta dengan melakukan wawancara kepada beberapa narasumber. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data yang di peroleh merupakan data real yang terjadi di MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati dan kediaman beberapa siswa diantaranya di dukuh Bowong dan dukuh Lebak Wetan Adapun hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa komunikasi antara guru dan orangtua siswa pada kegiatan pembelajaran dirumah dalam hal mengerjakan PR dilakukan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Untuk mendukung aktifitas pendampingan belajar siswa dirumah, pihak guru dan orangtua mengatur strategi komunikasi dengan menerapkan beberapa pola komunikasi yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linear, dan pola komunikasi sirkuler. Disamping itu kendala-kendala juga tak dapat dihindari karena beberapa faktor yaitu faktor primer dan faktor sikunder
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Pendampingan belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2024 03:45 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2024 03:45 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12830 |
Actions (login required)
View Item |