Implementasi Model Pembelajaran Edutainment Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kudus

Sitta, Alvin Dzikrya (2024) Implementasi Model Pembelajaran Edutainment Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi/penerapan, dan apa saja kendala dalam penerapan Model Pembelajaran Edutainment pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs N 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian 1) Perencanaan model pembelajaran edutainment dalam mengembangkan motivasi belajar siswa di MTs N 1 Kudus meliputi menyiapkan materi yang relevan, menarik minat siswa dengan memberikan ice breaking, permainan seru, atau memberikan motivasi kepada siswa sebelum memulai pembelajaran; dan 2) Penerapan model edutainment dalam pembelajaran Akidah Akhlak, dikemas dengan baik sehingga tidak menjadi pembelajaran yang membosankan bahkan menyengsarakan siswa. Aspek memanusiakan kelas diwujudkan dalam bentuk tata ruang kelas, mulai dari bentuk U, bentuk L, bentuk lingkaran, dan bentuk klasik. Pelaksanaan aspek active learning, pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran aktif seperti diksusi,demonstrasi, bermain peran atau role playing, team quize, dan lainnya. Pelaksanaan aspek quantum teaching, adalah mengacu dengan semboyan yang terkenal yakni “TANDUR” (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, dan Rayakan). 3) Kendala dalam mengunakan pembelajaran edutainment di MTs N 1 Kudus adalah kurangnya rasa percaya diri siswa untuk mengajukan pertanyaan dan megemukakan argumen sepanjang proses pembelajaran, serta kurangnya motivasi belajar pada diri siswa. Kendala yang kedua siswa menggangu teman sekelasnya selama pembelajaran berlangsung. Kendala yang ketiga adalah kuangnya perhatian dari orang tua selama belajar dirumah dan pengaruh lingkungan. Kendala yang ke empat waku pembelajaran yang kurang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Edutainment,Motivasi Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2024 07:18
Last Modified: 10 Dec 2024 07:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12853

Actions (login required)

View Item View Item