Analisis Pelaksanaan Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus

Gunawan, Syahrul (2023) Analisis Pelaksanaan Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (606kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (704kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (861kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (873kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (978kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (590kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1.) menganalisis bagaimana pelaksanaan penilaian afektif pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak, (2.) apa saja faktor pendukung pelaksanaan penilaian afektif pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak dan apa saja faktor penghambat pelaksanaan penilaian afektif pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), subjek penelitian ini adalah guru mapel dan seluruh siswa kelas V di MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak yang terdiri dari 24 siswa putra dan 24 siswa putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian afektif pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak selalu dilakukan selama proses pembelajaran, baik itu di awal, proses dan akhir pembelajaran. Pada pelaksanaan penilaian afektif pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak tidak terlepas dengan faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya proses penilaian tersebut. Pada penelitian ini, faktor pendukung pelaksanaan penilaian afektif adalah faktor lingkungan, guru, siswa dan materi pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat penilaian afektif pada penelitian ini adalah sarana prasarana, siswa dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penilaian Afektif
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2024 05:12
Last Modified: 12 Dec 2024 05:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12880

Actions (login required)

View Item View Item