Hidayah, Nurul (2024) Pengaruh Gadget Terhadap Dampak Perilaku Sosial Peserta Didik di MTs Tarbiyatul Islamiyah Sokopuluhan Pucakwangi Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (285kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (476kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (544kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (826kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (966kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (504kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi komunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat di era sekarang. Banyak inovasi-inovasi teknologi komunikasi yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas maupun pekerjaan manusia, contohnya seperti gadget. Salah satu jenis gadget yang sering digunakan masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa ialah smartphone. Benda tersebut dapat memberikan pengaruh pada anak-anak dan dari adanya hal itu dapat merubah perilaku sosialnya di lingkungan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat intensitas penggunaan gadget, dan juga bagaimana perilaku sosial peserta didik di MTs Tarabiyatul Islamiyah, serta seberapa besar pengaruh gadget terhadap perilaku sosial peserta didik di MTs Tarbiyatul Islamiyah. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang bersifat non-eksperimental. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datanya menggunakan teknik simple random sampling. Teknik tersebut diambil secara acak pada peserta didik. Populasi dalam penetian ini ialah seluruh peserta didik di MTs Tarbiyatul Islamiyah. Sampel yang digunakan 10% dari populasi dengan menggunakan rumus Slovin yang hasilnya menunjukkan 75,4 atau 75 (dibulatkan). Dan untuk pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) data dari intensitas penggunaan gadget memperoleh hasil 42% untuk responden yang menjawab “selalu & sering”, 31% untuk mereka yang menjawab “kadang-kadang”, dan untuk 27% lainnya menjawab “tidak pernah”. (2)Sedangkan perilaku sosial mereka memperoleh hasil 55% untuk yang menjawab “tidak pernah”, 26% untuk yang menjawab “kadang-kadang”, dan 19% lainnya menjawab “selalu & sering”. (3) Serta hasil pengujian data yang telah didapatkan memperoleh nilai t_hitung > t_tabel yaitu 5.370 > 0,1914 dimana Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 28,3%. Serta nilai konstantanya sebesar 23,152 yang berarti jika penggunaan gadget (X) nilainya 0, maka perilaku sosial peserta didik (Y) nilainya sebesar 23,152. Dan jika koefisien regresi variabel perilaku sosial peserta didik sebesar 0,592 artinya ketika penggunaan gadget mengalami kenaikan 1, maka perilaku sosial peserta didik (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,592. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa intensitas penggunaan gadget di MTs Tarbiyatul Islamiyah termasuk dalam kategori sedang, dimana peserta didiknya bisa menggunakan benda tersebut tanpa kesulitan dan tidak mengalami gagap teknologi. Sedangkan mengenai perilaku sosialnya di sekolah menggambarkan bahwa mereka tidak terlalu bergantung pada gadget, untuk pengaruh gadget terhadap perilaku sosial peserta didik di MTs Tarbiyatul Islamiyah memperoleh nilai signifikansi 28,3% yang artinya berpengaruh positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Gadget, Perilaku Sosial Peserta Didik | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2024 03:08 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 03:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12900 |
Actions (login required)
View Item |