Sari, Rahmatul Fitria (2023) Implementasi Pembiasaan Pembacaan Do’a Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa SMA Hidayatul Mustafidin Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (652kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
Text
3. DATAR ISI.pdf Download (232kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (610kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (230kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (421kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan kepada pembentukan karakter religius melalui budaya sekolah yaitu pembiasaan do’a yang dilakukan setiap pagi di SMA Hidayatul Mustafidin Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Pembiasaan ini meliputi pembacaan al fatihah, do’a sebelum belajar, asmaul husna, pembacaan sholawat jibril, dan sholat dzuhur berjamaah. Pembiasaan ini merupakan hal yang menarik di madrasah tersebut karena sholawat jibril jarang digunakan oleh madrasah di Kudus. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penerapan pembiasaan do’a terutama lantunan sholawat Jibril, untuk mengetahui strategi atau metode dalam melakukan pembiasaan tersebut, serta hasil dari pembiasaan tersebut dalam membentuk karakter religius siswa SMA Hidayatul Mustafidin Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam proses pelaksanaan pembentukan karakter religius siswa sudah berjalan dengan baik. Pembiasaan do’a pagi dan sholawat Jibril biasa dilantunkan setiap pagi sebelum mata pelajaran dimulai di halaman sekolah di ikuti oleh seluruh siswa, para guru dan staf-staf nya dengan khusyu’ dan khidmat, (2) Strategi yang digunakan dalam pembentukan karakter religius siswa yaitu melalui tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan pembiasaan, dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan, hukuman (3) Hasil dari pembentukan karakter religius siswa melalui penerapan ini yaitu para siswa lebih mampu bersikap dan berperilaku patuh melaksanakan ajaran agamanya, dan patuh pada peraturan sekolah, berperilaku sopan, santun, ikhlas, sabar, belajar sunguh-sungguh. Para siswa juga terbiasa disiplin serta mampu berfikir rasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembiasaan, Do’a, Karakter religius | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2024 08:37 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 08:37 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12923 |
Actions (login required)
View Item |