Jabbar, Ahmad Malik Al (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (195kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (67kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (298kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (577kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (316kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (699kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (132kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) |
Abstract
Persoalan mendasar dalam dunia pendidikan yang akhir-akhir ini menjadi keresahan yang meluas akibat merosotnya nilai dan moral, seharusnya dapat diselesaikan dengan pendidikan karakter sejak dini. Dengan demikian, diharapkan pendidikan Indonesia pada akhirnya mampu mencetak lulusan yang unggul, yaitu anak negeri yang cerdas, taat, dan religius serta memiliki keterampilan di bidangnya dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Untuk mengetahui perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Kedua, Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Madrasah Aliyah Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Ketiga, Untuk mengetahui Hasil implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian mencakup kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru Akidah Akhlak dan Siswa. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penilitian ini adalah Pertama, Dalam meningkatkan kualitas keberhasilan Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak terdapat arahan pendamping dan evaluasi terhadap seorang pendidik melalui adanya rapat dewan guru. Kedua, Pada tahap pelaksanaan dengan mengintegrasikan enam nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak, diantaranya religius, disiplin, kreatif, kerja keras, mandiri, dan demokratis. Pelaksanaan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus sudah terlaksana dengan baik. Ketiga, Bahwa terdapat peserta didik yang berperilaku baik dan bermoral seperti jujur, tanggung jawab, disiplin, menghormati dan kerja keras. Selebihnya masih terdapat peserta didik yang kurang dalam bermoral seperti kurangnya sopan santun terhadap guru, kurang mau berbagi, menolong, terlambat, tidur, berpakaian tidak rapi dan mengobrol di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2024 08:59 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 08:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12925 |
Actions (login required)
View Item |