Students’ Anxiety in Speaking English at an Islamic Junior High School in Jepara

Vichahyani, Adelia Aqidah (2023) Students’ Anxiety in Speaking English at an Islamic Junior High School in Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (652kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (430kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (591kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)

Abstract

Berbicara bahasa Inggris merupakan hal yang tidak mudah dilakukan bagi siswa kelas delapan di Sekolah Islam Menengah Pertama, terlebih jika siswa tidak mempunyai kemampuan bahasa Inggris dasar yang diperlukan. Siswa yang mempunyai kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris di dalam kelas dan tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi membuat siswa mengalami kecemasan dalam berbicara bahasa Inggris. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dan kurang maksimal dalam pelajaran bahasa Inggris Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan strategi siswa dalam menghadapi kecemasan dalam berbicara bahasa Inggris di kelas delapan Sekolah Islam Menengah Pertama di Jepara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan di satu ruang kelas yang berjumlah 44 siswa kelas delapan, wawancara dengan 10 siswa beserta 1 guru bahasa Inggris kelas delapan dan melakukan dokumentasi sebagai bukti dari penelitian yang dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor dari kecemasan yang dialami siswa berasal dari segi internal dan eksternal, antara lain yaitu faktor dari siswa itu sendiri dan pengaruh dari teman sekelasnya, keyakinan siswa bahwa bahasa Inggris itu sulit dan siswa yang terlalu mementingkan segi pengucapan penutur asli, interaksi antara siswa dan guru dikelas dan prosedur ruang kelas dalam proses belajar mengajar. Sedangkan strategi yang dilakukan siswa antara lain melakukan persiapan, relaksasi diri, berfikir positive, dan peer seeking untuk mengurangi rasa cemas yang ada dalam dirinya dalam berbicara bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDSetyaningrum, AnisahUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anxiety, Factors, Strategy, Speaking English
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2024 07:53
Last Modified: 27 Dec 2024 07:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item