PROGRAM PENGUATAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN ISLAM DI SMPN 1 WELAHAN JEPARA TAHUN

Rohman, Abdur (2023) PROGRAM PENGUATAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN ISLAM DI SMPN 1 WELAHAN JEPARA TAHUN. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)

Abstract

Di zaman sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju sehingga banyak lembaga pendidikan yang mulai menyesuaikan dengan kemajuan tersebut. banyak hal positif yang dapat di ambil dari kemajuan teknologi tersebut, tetapi banyak juga dampak negative yang bahkan lebih besar yang justru mulai mendominasi siswa-siswi tersebut. SMPN 1 Welahan adalah salah satu sekolah negeri yang berada di kecamatan welahan kabupaten jepara jawa tengah. SMPN1 Welahan menjadi salah satu sekolah yang mengedepankan pendidikan, kedisiplinan dan keagamaan yang tinggi sehingga menjadi salah satu sekolah yang melahirkan siswa-siswi berpendidikan dan berkualitas. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian deskriptif (Deskriptif Research). Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data Primer dan sekunder, sumber data primer diperoleh dari subjek penelitian informan atau narasumber sebanyak 4 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PAI, Wali Kelas dan Peserta Didik. Sedangkan sumber data sekunder di peroleh dari buku-buku, RPP, dokumentasi yang terkait dari sekolahan. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1). Bentuk-bentuk program penguatan nilai-nilai keagamaan Islam di SMP Negeri 1 Welahan melalui Kegiatan Intrakurikuler seperti , ekstrakurikuler dan kegiatan PHBI. 2). Implementasi program penguatan nilai-nilai keagamaan Islam yaitu melalui kegiatan intrakurikuler, kurikuler, dan ekstrakurikuler. Dalam kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler yaitu penguatan nilai-nilai keagamaan Islam melalui pengajaran di dalam kelas, seperti berdo’a, nadhoman, menghafal aqoid 50. Sedangkan dari kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis keagamaan Islam seperti BHQ (Baca HAfal Al Qur’an, Tilawatil Qur’an dan Kaligrafi). 3). Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program penguatan nilai-nilai keagamaan Islam di SMP Negeri 1 Welahan antara lain yaitu a). Faktor Pendukung : adanya kerjasama stakeholder sekolah untuk menciptakan lingkungan yang religius, adanya sarana dan prasarana seperti menyedikan tempat musholla di sekolah dan adanya alat praktik keagamaan seperti al qu’ran dan lain-lain. b). Faktor Penghambat : kurangnya kedisiplinan siswa, kurangnya musholla yang memadai sehingga sholat berjama’ah harus bergilir setiap harinya, faktor lingkungan yang mana tidak dapat melakukan pengawasan di luar sekolah, dan faktor teman yang mana latar belakang siswa-siswi yang berbeda - beda sehingga saling mempengaruhi siswa-siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Penguatan dan Nilai-nilai Keagamaan Islam.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:08
Last Modified: 30 Dec 2024 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13054

Actions (login required)

View Item View Item