Peran Pembimbing Dalam Memotivasi Penghafal Al-Qur’ An Melalui Bimbingan Kelompok Metode Takrir Di Al-Mubarok Mranggen

Munawaroh, Lailatul (2023) Peran Pembimbing Dalam Memotivasi Penghafal Al-Qur’ An Melalui Bimbingan Kelompok Metode Takrir Di Al-Mubarok Mranggen. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (858kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (429kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembimbing dalam memotivasi penghafal Al-Qur’ an melalui Bimbingan Kelompok Metode Takrir. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran pembimbing dalam memotivasi penghafal Al-Qur’ an melalui bimbingan kelompok metode takrir di Al-Mubarok Mranggen. Peran pembimbing merupakan salah satu peran terpenting dalam proses menghafal Al-Qur’ an begitu juga dengan adanya bimbingan dan metode yang diterapkan, dengan begitu di pondok pesantren Al-Mubarok menggunakan bimbingan kelompok dan metode takrir untuk mempermudah santri dalam proses belajar menghafal Al-Qur’ an. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan (field research), dimana peneliti terjun langsung untuk mengetahui hasil yang akan diteliti. Sedangkan pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif (deskriptif Research). Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer yang diperoleh dari subjek peneliti informant atau narasumber dari 5 orang yang terdiri dari 1pengasuh 1pengurus dan 3santri tahfidz, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari beberapa dokumentasi, arsip, serta laporan data yang tersedia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu peran pembimbing dalam memotivasi santri Al-Mubarok yang sedang dalam proses belajar menghafal Al-Qur’ an,peran pembimbing dipondok pesantren Al-Mubarok sangat berpengaruh dalam proses belajar menghafal Al-Qur’ an, beberapa peranan pembimbing di pondok pesantren Al-Mubarok Di antaranya yaitu : sebagai pembimbing, sebagai pendidik, sebagai pemimpin, sebagai fasilitator, dan sebagai evaluator. Selain itu, pembimbing juga menggunakan metode dalam memotivasi penghafal Al-Qur’ an, dipondok pesantren Al-Mubarok yaitu dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan metode takrir yang bertujuan untuk mmpermudah santri dalam menghafal Al-Qur’ an. Dalam proses belajar tentunya ada faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam meningkatakan motivasi penghafal Al�Qur’ an diantaranya yaitu: Dukungan dan motivasi dari orang tua, guru, dan orang-orang terdekatnya, Adanya pembimbing dalam proses menghafal Al�Qur,an, Adanya bimbingan kelompok dan metode takrir yang mempermudah hafalannya, dan adanya fasilitas pondok yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu : adanya rasa malas, tidak bisa mengatur waktu dengan baik, kurangnya percaya diri, banyaknya hafalan, dan kurangnya dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyidi, FajarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Pembimbing, Motivasi penghafal Al-Qur’ an, Bimbingan Kelompok Metode Takrir
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Dec 2024 02:15
Last Modified: 31 Dec 2024 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item View Item