Pratiwi, Mega Ayodya (2023) Pendekatan Etnomatematika Berbantuan Media Roda Putar dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas IV MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (465kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (456kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (552kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (353kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (450kB) |
Abstract
Pendekatan etnomatematika adalah suatu pendekatan pembelajaran matematika yang menekankan penggunaan budaya sebagai sumber pembelajaran, dengan cara mengajarkan matematika dengan mengaitkan pada budaya bangsa. Melalui pendekatan etnomatematika, siswa dapat mempelajari bagaimana individu memahami, mengungkapkan, dan menerapkan konsep-konsep budaya dengan menggunakan bahasa matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan etnomatematika berbantuan media roda putar dalam meningkatkan literasi numerasi siswa kelas IV MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) Untuk mengetahui peningkatan literasi numerasi siswa melalui pendekatan etnomatematika berbantuan media roda putar di kelas IV MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Kudus. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan etnomatematika berbantuan media roda putar dilakukan dengan tiga tahapan kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika mencakup empat tahapan yang meliputi (1) tahap explorasi, (2) tahap pemetaan, (3) tahap eksplanasi, (4) tahap refleksi yang mana dalam proses pembelajaran menghubungkan dengan budaya lokal kudus. Sementara, peningkatan literasi numerasi siswa melalui pendekatan etnomatematika berbantuan media roda putar di kelas IV MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Kudus tahun pelajaran 2022/2023 sebesar 16%. Hal ini didasarkan pada perolehan skor rata-rata pre-test sebelum diberi perlakuan sebesar 52,33, dan rata-rata post-test sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan etnomatematika berbantuan media roda putar sebesar 68,33. Selain itu, adanya pencapaian indikator literasi numerasi selama proses pembelajaran juga menjadi faktor meningkatnya literasi numerasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Etnomatematika, media roda putar, literasi numerasi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 07:46 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 07:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13238 |
Actions (login required)
View Item |