Penerapan Teknik Permainan Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca di kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Trisnawati, Wahyu (2023) Penerapan Teknik Permainan Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca di kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (920kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (849kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (406kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan teknik permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca di kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, (2) Mendeskripsikan kendala dalam penerapan teknik permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas IV MI NU Salafiyah, (3) Mendeskripsikan solusi dari penerapan teknik permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripsi yang dilakukan di Kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, dewan guru dan siswa kelas empat yang ada di Kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Teknik pengumpulan data didapatkanmelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Menggunakan teknik permainan bahasa yang dibantu dengan media kartu berwarna maupun dengan menggunakan kartu bergambar siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan senang dalam belajar. Pada proses pembelajaran meliputi tiga tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Peningkatan dalam kemampuan membaca pada siswa kelas IV dengan menggunakan teknik permainan bahasa mulai terlihat ketika pembelajaran, kegiatan siswa untuk membaca meningkat bahkan siswa yang yang semula tidak minat untuk membaca ada keinginan dan senang untuk membaca, (2) Kendala dari teknik permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca di kelas empat ada dua, yaitu: keterbatasan media yang dimiliki diantaranya karena secara tidak sengaja siswa membuat gaduh karena penasaran dengan media yang berbeda-beda warna dan gambar yang telah disiapkan, dan banyak memerlukan waktu dalam menggunakan teknik permainan bahasa karena tergantung kodisi dari siswa yang berubah-ubah, (3) Solusi dari teknik permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca di kelas empat MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus ada tiga yaitu sebagai berikut: kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, media yang digunakan karena media yang digunakan harus sesuai dengan materi dan jumlah siswa, dan pemberian tambahan jam siswa baik untuk siswa yang lambat dalam membaca maupun siswa yang sudah lancar dalam membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Permainan Bahasa, Siswa, Membaca
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:33
Last Modified: 20 Jan 2025 03:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item