Pengaruh Window Dressing, Ramadhan Effect, dan Firm Size Terhadap Volatilitas Harga Saham (Studi Empiris Pada Saham yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2018-2022)

Maula, Lia Ismatul (2024) Pengaruh Window Dressing, Ramadhan Effect, dan Firm Size Terhadap Volatilitas Harga Saham (Studi Empiris Pada Saham yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2018-2022). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh window dressing, ramadhan effect, dan firm size terhadap volatilitas harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2018-2020. Window dressing dapat diketahui dengan menggunakan indikator cash holding di semua kuartal pelaporan keuangan. Ramadhan effect didapat dari jumlah rata-rata harga saham pada bulan ramadhan dan selain bulan ramadhan. Firm size menggunakan total aset sebagai indikator perhitungannya. Sedangkan volatilitas harga saham menggunakan indikator low and high price saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan dan literasi. Sumber data sekunder diperoleh dari laporan keuangan perusahaan serta data harga saham Indonesia Stock Exchage (IDX). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 20 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 29. Penelitian ini menggunakan uji dua arah memperoleh hasil window dressing berpengaruh positif dan signifikan terhadap volatilitas harga saham dengan nilai signifikansi 0.039<0.05, nilai t-hitung > t-tabel dengan angka 2.098>1.98472 dan koefisien regresi 0.018. Ramadhan effect berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi 0.005 < 0.05 dan nilai t- hitung -2,853 yang berada pada daerah penerimaan H2 serta koefisien regresi -0.064. Firm size tidak berpengaruh terhadap volatilitas harga saham karena nilai signifikansi 0.884 > 0.05 dan nilai t-hitung < t-tabel yang berada pada daerah penolakan H3 -0.145<1.98472. Secara bersama-sama variabel window dressing, ramadhan effect, dan firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi 0.002 < 0.05 dan nilai f-hitung > f tabel yakni 5.417>2.70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusrini, EniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: window dressing, ramadhan effect, firm size (ukuran perusahaan), volatilitas harga saham
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Pasar Modal, Bursa Saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:29
Last Modified: 21 Jan 2025 08:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item