Ni’mah, Leidy Barirothun (2024) Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas IV MI Islamiyah Pucang Grobogan,. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (331kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Pucang yang kurang mumpuni dalam melakukan operasi hitung terutama perkalian. Hal tersebut dapat terjadi karena didalam pembelajaran berhitung, guru tidak menerapkan penggunaan metode pembelajaran sehingga materi yang diajarkan akan lebih sulit untuk diterima siswa. Dengan adanya penggunaan metode pembelajaran dalam materi berhitung terutama materi perkalian yaitu dengan metode jarimatika diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar perkalian siswa kelas IV MI Islamiyah Pucang Grobogan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar perkalian siswa kelas IV sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika serta untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas IV MI Islamiyah Pucang Grobogan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design atau penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan (treatment) metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa kelas IV tanpa adanya kelas pembanding atau kelas control. Pengumpulan data menggunakan instrument tes berupa soal pre-test dan soal post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IV MI Islamiyah Pucang dengan jumlah siswa 52 dan sample penelitian ini adalah siswa kelas IV A dengan jumlah siswa adalah 26. Hasil penelitian ini diuji dengan uji paired t test, berdasarkan uji statistik diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya adalah penggunaan metode jarimatika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas IV MI Islamiyah Pucang Grobogan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Jarimatika, Hasil Belajar, Perkalian, Siswa Kelas IV, Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:37 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:37 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |