Oktaviani, Dwi Kurnia (2023) Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Media Tiktok untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (124kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (334kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan dalam penyampaian informasi pada saat kegiatan pembelajaran dan memberikan minat serta merangsang siswa dalam belajar. Oleh karena itu faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah media pembelajaran. Dalam perkembangan media pembelajaran sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju. Penggunaan media pembelajaran pada kegiatan belajar sangat menunjang keberhasilan tercapainya proses pendidikan yang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mempu memberikan pembelajaran yang menarik, untuk itu diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, sehingga guru perlu menerapkan media pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk membantu dalam proses pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa. Salah satunya yaitu Media Tiktok . Dengan penjelasan diatas maka memunculkan rumusan masalah sebagaimana berikut. 1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran menggunakan Tiktok dalam pembelajaran IPS di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus. 2) Untuk Menggetahui Kendala dalam penerapan media pembelajaran menggunakan Tiktok dalam pembelajaran IPS di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae kudus. 3) Untuk menggetahui solusi terhadap kendala penerapan media pembelajaran menggunakan Tiktok. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan data secara dekriptif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi serta cara yang digunakan dengan menggunakan tringgulasi. Hasil penelitian menunjukan penerapan Media dengan menggunakan Tiktok sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran IPS di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus. Karena siswa lebih tertarik apabila guru menggunakan alat pembelajaran menggunakan peralatan teknologi, seperti media berbasis video dari Tiktok. Media dari Tiktok dapat membuat siswa lebih paham terhadap pembelajaran dan materi yang diberikan oleh guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Tiktok, Kendala, Solusi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2025 04:03 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2025 04:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13369 |
Actions (login required)
View Item |