Pengembangan Sistem Tata Surya Augmented Reality Book (ARBook) Sebagai Media Pembelajaran Kelas VII IPA SMP/MTs.

Fahruddin, Muhammad Fuad (2023) Pengembangan Sistem Tata Surya Augmented Reality Book (ARBook) Sebagai Media Pembelajaran Kelas VII IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (807kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (465kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Era society 5.0 saat ini sangat erat dengan peran perkembangan teknologi. Pendidikan di era sekarang harus dapat mengikuti perkembangan era teknologi yang semakin maju. Salah satu perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai media bahan ajar penunjang proses pembelajaran adalah Virtual/Augmented Reality. Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat di segala bidang salah satunya adalah teknologi Augmented Reality. Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dengan berbekal kamera smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur teknologi Augmentasi reality (AR), masyarakat sekarang dapat menikmati aplikasi Augmentasi reality (AR) dalam layar smartphone. Dari hal tersebut, kita dapat memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran IPA khususnya pada materi sistem tata surya. Penelitian ini bertujan untuk menghasilkan produk berupa buku dan aplikasi berbasis Augmented Reality pada materi sistem tata surya kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dari hasil penilaian berupa angket uji validitas ahli media, angket uji validitas ahli materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Augmented Reality Book pada materi sistem tata surya kelas VII SMP/MTs. Pada hasil kelayakan produk Augmented Reality Book pada materi sistem tata surya berdasarkan validator ahli media yaitu 91% dan validator ahli materi yaitu 88% dengan kategori kriteria sangat layak. Respon pada guru IPA mendapatkan presentase sebesar 92%, dan pada respon siswa diperoleh presentase sebesar 90% dengan kategori kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan sistem tata surya Augmented Reality Book sebagai media pembelajaran kelas VII SMP/MTs layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRaida, Sulasfiana AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Society 5.0, Augmented Reality Book, Media Pembelajaran
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:14
Last Modified: 23 Jan 2025 07:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13396

Actions (login required)

View Item View Item