Pengembangan Booklet Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta Di Kawasan Pesisir Pantai Bandengan Kab. Jepara

Sa’diyah, Khalimatus (2023) Pengembangan Booklet Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta Di Kawasan Pesisir Pantai Bandengan Kab. Jepara. Diploma thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (930kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (645kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstract

Media pembelajaran berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Beberapa manfaat media pembelajaran yaitu sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, membantu siswa dalam mengingat dan mempermudah siswa dalam pembelajaran, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Sebagian besar media pembelajaran yang digunakan siswa saat ini masih dalam bentuk yang kurang menarik. Media pembelajaran yang tersedia juga minim ilustrasi dan banyak menyajikan teks sehingga materi yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran kurang dimengerti oleh siswa. Selain itu, sulitnya mendapatkan media pembelajaran materi klasifikasi tumbuhan spermatophyta yang sesuai dengan tujuan pembelajaran menjadi kendala yang menyebabkan tidak tersedianya media pembelajaran materi tersebut di sekolah. Sehingga, diperlukan suatu inovasi untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa booklet klasifikasi tumbuhan spermatopyta yang menyajikan ilustrasi gambar nyata, mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap booklet yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall. Terdiri dari 10 langkah penelitian yang disederhanakan menjadi 7 tahapan pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi akhir. Booklet divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan kategori sangat layak. Respon guru terhadap booklet pada kategori sangat sesuai. Respon siswa terhadap booklet pada kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa booklet klasifikasi tumbuhan di kawasan pesisir Pantai Bandengan Kab Jepara layak digunakan siswa tingkat SMP/MTs sebagai media pembelajaran materi klasifikasi tumbuhan spermatophyta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRaida, Sulasfiana AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Booklet, Spermatophyta, Media Pembelajaran
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:39
Last Modified: 24 Jan 2025 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13419

Actions (login required)

View Item View Item