Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Pembuatan Ecoprinting Sebagai Bahan Ajar IPA Materi Kingdom Plantae SMP/MTs Kelas VII

Rasyidah, Lina (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Pembuatan Ecoprinting Sebagai Bahan Ajar IPA Materi Kingdom Plantae SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

E-modul merupakan modul berbentuk elektronik, dimana pemakaiannya menggunakan media elektronik seperti smartphone, laptop, komputer maupun tablet. Keunggulan dari e-modul yaitu terdapat fitur-fitur interaktif dan menarik seperti dilengkapi dengan video, animasi, audia, gambar dan fitur lainnya yang dapat digunakan peserta didik. E-modul dapat meningkatkan kemampuan kritis peserta didik dan mendapatkan respon positif dari peserta didik. Dengan adanya e-modul dapat menambah minat belajar peserta didik, dikarenakan peserta didik lebih menyukai pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-modul berbasis PjBL pada pembuatan ecoprinting sebagai bahan ajar IPA materi kingdom plantae kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination) yang disederhanakan menjadi 3D (Define, Design, Development). Data dikumpulkan dari teknik non tes berupa angket uji validitas ahli media, angket uji validitas ahli materi, angket respon guru IPA dan angket respon peserta didik. Uji validitas ahli dilakukan oleh 3 dosen ahli media dan 3 dosen ahli materi. Uji coba respon guru diberikan kepada 1 Guru pengampu mata pelajaran IPA MTs Tamrinut Thullab, sedangkan respon peserta didik diberikan kepada 21 responden peserta didik kelas VII. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar dalam bentuk e-modul berbasis PjBL. E-modul dilengkapi dengan materi kingdom plantae, LKPD berbasis proyek pembuatan ecoprinting, video pembuatan ecoprinting, dan uji formatif sebagai refleksi kemampuan pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi. Berdasarkan uji validitas ahli media diperoleh presentase sebesar 91% dengan kategori “sangat layak”. Uji validitas ahli materi diperoleh presentase sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba respon guru diperoleh presentase sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh presentase sebesar 88% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian, dari hasil uji validitas dan respon, produk e-modul berbasis PjBL pembuatan Ecoprinting dinyatakan memiliki kelayakan yang sangat baik atau sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul, PjBL (Project Based Learning), Kingdom Plantae, Ecoprinting
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:38
Last Modified: 24 Jan 2025 03:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13421

Actions (login required)

View Item View Item