Pola Interaksi Sosial Siswa Pada Program Boarding School di MTs Negeri 1 Jepara

Afidah, Fahimmatul (2024) Pola Interaksi Sosial Siswa Pada Program Boarding School di MTs Negeri 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pola Interaksi Sosial Siswa Pada Program Boarding School” bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk menjelaksan pola interaksi sosial siswa pada program boarding school di MTs Negeri 1 Jepara serta untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi interaksi sosial siswa pada boarding school di MTs Negeri 1 Jepara. Penelitian menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif melalui observasi langsung di lapangan (field research) melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, dengan cara menggali informasi dari kepala madrasah, guru ips, serta siswa-siswi. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan pendapat Bagman dan Taylor yang mendifinisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hal tersebut hasil penelitian ini menghasilkan: 1) pola interaksi sosial siswa pada program Boarding school di MTs Negeri 1 Jepara memiliki dua pola yang sudah diterapkan diantaranya ada pola kerjasama (cooperation) dan pola akomodasi (accommodation). 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada program boarding school di MTs Negeri 1 Jepara yaitu adanya minat siswa, teman pergaulan dan kebiasaan siswa yang sudah dilaksanakan dengan baik dan juga dengan diadakannya salah satu program ektrakurikuler itu juga akan menimbulkanya interaksi dan minat siswa ketika seseorang memiliki minat dan tujuan yang sama, selain itu teman pergaulan juga menjadi faktor dalam berinteraksi karena sikap dan perilaku siswa akan mempengaruhi apa yang mereka lihat dan mereka lakukan sehari-hari dan itu akan menyebabkan adanya kebiasaan pada siswa juga memperngaruhi interaksi sosial terdapat proses baik yang didasari maupun tidak didasari untuk membuat kebiasaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi, Interaksi Sosial dan Boarding School
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:19
Last Modified: 26 Feb 2025 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item