Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pebelajaran IPS di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus

Irsyad, Ahmad Aditya Haniful (2024) Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pebelajaran IPS di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui keterampilan sosial siswa di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus, 2) Mengetahui peran guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa melalui pembelajaran IPS di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus, 3) Mengetahui faktor penghambat guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa melalui pembelajaran IPS di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mengkaji secara mendalam mengenai fenomena, objek, ataupun pelaku terkait peristiwa yang terjadi dilapangan sesuai fakta yang ada. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru IPS, serta beberapa siswa MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus. Data-data hasil penelitian yang diperoleh didapatkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Lalu teknik analisis datanya yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyak siswa di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus memiliki keterampilan sosial dalam berinteraksi, berkomunikasi, membangun kelompok, serta memecahkan masalah yang rendah. Guru di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus memiliki upaya dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa melalui proses pembelajaran IPS yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu: 1) tahap perencanaan dengan merancang RPP, metode, dan model pembelajaran yang digunakan, 2) melakukan tahap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran diskusi kelompok dan tanya jawab, dan 3) melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan penilaian pengetahuan maupun keterampilan siswa agar dapat melakukan perbaikan. Akan tetapi upaya yang dilakukan guru tidak sepenuhnya berhasil karena terhambat oleh beberapa faktor yaitu kepribadian siswa yang tertutup, pengaruh negatif teman sebaya, serta hubungan dengan guru yang kurang. Saran yang diberikan kepada guru mata pelajaran IPS di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus hendaknya lebih menguasai kelas dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi, menjalin hubungan yang lebih akrab dengan siswa, dan mengetahui karakteristik siswa sehingga mampu berperan optimal dalam menangani tingkah laku siswa. Agar pengembangan keterampilan sosial pada siswa dapat berjalan dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Keterampilan Sosial Siswa, Pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2025 07:41
Last Modified: 10 Mar 2025 07:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item