PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Aminah, Siti (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
HJ. SITI AMINAH, S.AG_opt.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015. 3) Untuk mengetahui seberapa pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan metode angket yang disebarkan langsung pada guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati sebanyak 127 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 memiliki pengaruh sebesar 0,487. Dari hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1%. Pada taraf signifikan 5% dengan N = 127 adalah 0,176 sedangkan taraf signifikan 1% dengan N = 127 adalah 0,230 artinya Ha diterima, Ho ditolak. 2) Latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 memiliki pengaruh sebesar 0,252. Dari hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1%. Pada taraf signifikan 5% dengan N = 127 adalah 0,176 sedangkan taraf signifikan 1% dengan N = 127 adalah 0,230 artinya Ha diterima, Ho ditolak. 3) Kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 terdapat pengaruh hal ini terlihat dari hasil nilai F sebesar 21,615 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih besar 0,005 (Sig. > 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang pendidikan guru memiliki pengaruh terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah; Latar Belakang Pendidikan Guru; Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2017 06:45
Last Modified: 11 Jun 2017 06:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item