Peran Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Firdaus, Faizal Azril (2024) Peran Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (420kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (845kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (580kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (414kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang peran kepala madrasah dalam pembentukan nilai nilai religius di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, serta dampak peran kepala madrasah dalam pembentukan nilai nilai religius di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum, waka humas, guru dan murid. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Sedangkan Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran kepala madrasah dalam pembentukan nilai-nilai religius di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus adalah sebagai pendidik, manajer, supervisor, pemimpin dan motivator, melalui keteladanan, pembiasaan, reward dan punishment. 2) Dampak kepala madrasah dalam pembentukan nilai nilai religius pada peserta didik di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yaitu berpengaruh pada sikap, cara bicara dan prestasi. Bagi guru pembentukan nilai nilai religius menjadikan guru lebih tertib dan tenang dalam menghadapi peserta didik. Bagi wali murid adanya pembentukan nilai nilai religius orang tua lebih tenang dalam mempercayakan anak anak mereka di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Bagi kepala madrasah pembentukan nilai-nilai religius menjadikan suasana madrasah menjadi tenang dan damai. Dikenal masyarakat sebagai madrasah dengan nilai nilai yang agamis sehingga hal ini juga mengakibatkan meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah,Nilai-Nilai Religius
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:58
Last Modified: 28 Apr 2025 03:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item