Penanaman Karakter Religius dengan Metode Targhib Wa Tarhib melalui Kegiatan Keagamaan di MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana

Maulina, Eva (2024) Penanaman Karakter Religius dengan Metode Targhib Wa Tarhib melalui Kegiatan Keagamaan di MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penduduk Indonesia merupakan negara yang sebagian besar menganut agama Islam. Ajaran agama Islam mengalami kemerosotan yang sangat tajam dalam bidang moral dan masih dalam kondisi krisis karakter. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas karakter peserta didik dalam suatu Lembaga Pendidikan berbasic agama Islam (madrasah). Oleh karena itu diperlukan suatu penanaman karakter religius untuk membentuk karakter peserta didik yang mencerminkan sikap agamis. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan proses penanaman karakter religius dengan metode Targhib Wa Tarhib melalui program kegiatan keagamaan di MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter religius dengan metode Targhib Wa Tarhib melalui program kegiatan keagamaan di MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I-VI, dan beberapa peserta didik kelas I-VI. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan kegiatan penanaman karakter religius di MI Matholi’ul falah ada 4 kegiatan pembiasaan yang wajib diikuti setiap peserta didik stiap hari yaitu 5S (salam, senyum, sapa, sopan,dan santun), berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, hafalan Asma’ul Husna dan surah pendek, sholat Dhuha dan sholat Dzuhur berjamaah dan ada satu kegiatan khusus yaitu ziarah ke makam ulama/orang-orang sholeh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius di MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana telah berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya melalui 4 kegiatan keagamaan yang dibiasakan setiap hari dan 1 kegiatan khusus. Proses pelaksanaannya dengan menerapkan metode targhib wa tarhib telah berjalan lancar sebagaimana mestinya. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Faktor pendukung meliputi; dukungan dari kepala sekolah, guru, wali murid, peserta didik yang ditunjang oleh 3 faktor penting yaitu mentalitas pendidik, metode serta ketersediaan sarana dan prasarana. Faktor penghambat meliputi; karakteristik peserta didik yang beragam dan lingkungan yang tidak sehat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorShobirin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Metode Targhib Wa Tarhib, Kegiatan keagamaan
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:33
Last Modified: 02 Jun 2025 03:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item