Badriyah, Fatikhatul (2024) Strategi Guru PAI dalam Menguatkan Kepedulian Sosial Siswa Studi Kasus Kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
04.BAB I.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
05.BAB II.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text
06.BAB III.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
07.BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08.BAB V.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program-program yang merupakan strategi Guru PAI dalam menguatkan kepedulian sosial siswa di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan strategi-strategi yang digunakan oleh Guru PAI dalam upaya menguatkan kepedulian siswa, 2). Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan strategi-strategi yang diterapkan oleh Guru PAI, 3). Untuk mendeskripsikan dampak yang muncul dari adanya strategi Guru PAI dalam menguatkan kepedulian sosial siswa di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini ditentukan melalui purposive sampling. Subyek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala bidang kesiswaan, Guru PAI, dan 5 siswa kelas XI-1. Pengujian keabsahan data menggunakan bahasa refrensi dan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Terdapat 4 strategi yang diterapkan Guru PAI dalam menguatkan kepedulian sosial siswa di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Adapun strategi pertama adalah strategi keteladanan yaitu dengan memberikan contoh penerapan tiga kata ajaib dalam kegiatan belajar mengajar. Strategi kedua adalah strategi pembiasaan yaitu dengan mengadakan program Jum’at berkah (Jum’at berbagi, infaq Jum’at, dan sholat dhuha berjama’ah) dan penggalangan donasi bencana. Strategi ketiga adalah strategi nasihat yaitu dengan mengadakan kajian keputrian yang dilaksanakan pada hari Jum’at saat siswa laki-laki melaksanakan sholat Jum’at. Dan strategi keempat adalah strategi kedisiplinan yaitu dengan mewajibkan siswa membayar denda Rp 1.000 sebagai konsekwensi keterlambatan yang mana uang tersebut akan dialokasikan untuk dana donasi apabila ada bencana alam, menjenguk siswa sakit, dan orang tua siswa yang meninggal. 2). Faktor pendukung pelaksanaan strategi Guru PAI dalam menguatkan kepedulian sosial siswa di SMA Muhammadiyah 2 Mayong terbagi menjadi 3 diantaranya : berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dari internal siswa. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan strategi Guru PAI dalam menguatkan kepedulian sosial siswa di SMA Muhammadiyah 2 Mayong yaitu kurangnya kesadaran sebagian siswa untuk berkontribusi dalam program Jum’at berbagi dan infaq Jum’at. 3). Strategi yang diterapkan Guru PAI guna menguatkan kepedulian sosial siswa memiliki dampak positif bagi menguatnya kepedulian sosial siswa. Dampak positif tersebut ditunjukkan dengan siswa memiliki sikap tolong menolong, berpartisipasi dalam aksi sosial, tidak suka menyakiti orang lain, suka berbagi, dan saling menyayangi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | kepedulian sosial, strategi Guru PAI, Jum’at berbagi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Stratifikasi Sosial Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2025 08:22 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2025 08:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |